Search
Kamis 29 Juni 2017
  • :
  • :

15 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh & Kulit

Starberita – Jakarta, Mentimun, ketimun atau timun merupakan salah satu buahan yang memiliki kandungan vitamin dan zat lainnya yang tentunya sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Meskipun banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mentimun tetapi sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui hal ini sehingga tak heran apabila ada beberapa orang yang justru meremehkan dan malas untuk mengkonsumsi mentimun

Nah, bagi Anda yang mungkin tidak suka mengkonsumsi mentimun maka wajib baca ini dahulu mengenai apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumi buah mentimun dan mudah-mudah setelah melihat manfaatnya Anda menjadi suka untuk mengkonsumsi mentimun.

  1. Dapat melancarkan pencernaan

Jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan, cobalah untuk mengkonsumsi mentimun karena kandungan serat alami yang ada pada mentimun sangat berkhasiat dan dapat memberikan efek dingin yang dapat meringankan rasa mulas atau sakit perut.

  1. Mencegah peradangan

Timun sangat baik untuk orang yang bermasalah dengan peradangan, cara mengonsumsinya dapat dijadikan campuran sirup atau dijadikan jus bersama dengan buah-buahan lainnya.

  1. Menurunkan kadar gula dan kolesterol

Jika Anda mengonsumsi jus timun secara rutin dapat memenuhi hormon yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin didalam tubuh. Jika hormon tersebut terpenuhi maka tubuh mampu mengontrol kadar gula dalam darah sehingga kita terbebas dari penyakit diabetes.

  1. Dapat membantu menyembuhkan penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru bukanlah penyakit yang sepele dan tentunya penyakit yang satu ini sangat menyiksa sipenderitanya. Nah, selain harus mengkonsumsi obat-obatan dokter ternyata penyakit paru-paru juga bisa disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi mentimun.

  1. Mencegah dehidrasi

Kandungan air yang sangat banyak pada mentimun tidak hanya membuat Anda terhindardari dehidrasi tetapi juga membantu membuang racun didalam tubuh. Selain itu, vitamin C dalam mentimun dapat menangkal serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit sehingga daya tahan tubuh akan tetap terjaga.

  1. Menurunkan hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi salah satu penyakit yang sering diderita banyak orang, bagi orang yang sudah terkena darah tinggi cobalah untuk mengonsumsi jus mentimun karena timun mengandung kalium, magnesium, dan serat alami yang sangat terbukti ampuh membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mengobati penyakit mata rabun

Kebanyakan anak sekarang sudah memakai kacamata minus dan ini disebabkan banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, untuk mengurangi kadar minus tersebut bagi anak-anak yang sudah bermata minus cobalah menaruh irisan mentimun pada bagian bagian mata dan diamkan selama 15menit. Lakukanlah secra rutin setiap hati,maka berangsur-angsur mata Anda akan kembali segar dan minus pada mata Anda juga berkurang.

  1. Dapat mengeluarkan cacing pita

Cacing pita bisa masuk kedalam tubuh melalui makanan terutama makanan yang belum matang. Nah, untuk mengeluarkan cacing pita didalam tubuh maka kita dapat menggunakan mentimun, tetapi bukan daging mentimunnya melainkan biji  mentimunnya. Biji mentimun memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung atau tenggorokan.

  1. Menangkal radikal bebas

mentimun mengandung antioksidan seperti karoten, zea-xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa tersebut bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umumnya menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.

  1. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang snagat berbahaya sehingga kita harus menjalani pola hidup yang sehat agar terhindar dari yang namanya penyakit kanker. Nah, selain menjalani pola hidup yang sehat ternyata mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah penyakit kanker. So, apabila Anda ingin sehat dan terbebas dari kanker maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi mentimun satu buah sehari.

  1. Menjaga kesehatan Mulut

Fitokimia yang ada dalam mentimun dapat membantu kesehatan gigi dan mencegah timbulnya bau mulut. Caranya cukup mudah, iris mentimun kemudian tekan-tekan ke langit-langit mulut dengan lidah selama 30 detik. Mentimun yang masih muda mampu meningkatkan air liur dan menetralisir asam dan alkali dalam rongga mulut.

  1. Dapat mengencangkan kulit

Mentimun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit kita, bahkan banyak orang yang percaya bahwa mentimun mampu memutihkan wajah, menghilangkan jerawat beserta noda hitam. Nah, apabila Anda ingin memiliki wajah bersih, bebas jerawat serta kulit kencang maka cobalah sesekali menggunakana masker mentimun untuk wajah Anda.

  1. Dapat mengobati luka bakar akibat matahari

Mentimun yang diiris atau dihaluskan kemudian diterapkan pada kulit dapat membantu masalah kulit terutama kulit wajah yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Apabila Anda rutin menggunakan masker mentimun ini di sore hari sehabis beraktivitas maka kulit wajah Anda akan tampak segar dan lembab kembali. 

  1. Mencerahkan kulit wajah

Mentimun juga bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Caranya sangat mudah yaitu Anda tinggal menghaluskan mentimun secukupnya dan ditambahkan dengan sedikit air perasan lemon, lalu aduk hingga kedua bahan tercampur rata. Setelah itu gunakan masker mentimun ini setiap malam ketikan hendak tidur.

  1. Dapat mengatasi wajah berminyak

Kemudian terakhir Anda juga bisa memanfaatkan mentimun untuk mengatasi dan menghilangkan minyak yang berlebihan pada wajah. Caranya mudah yaitu Anda tinggal haluskan saja buah mentimun dan kemudian gunakan sebagai masker wajah.

Itulah beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. So, jangan malas untuk mengkonsumsi mentimun ya teman-teman karena memiliki banyak khasiat. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan