Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

10 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Starberita – Jakarta, Apakah Anda pernah mencicipi sayur rebung ? jika belum pernah maka tidak ada salahnya apabila nanti sesekali Anda mencoba mencicip sayur rebung, apalagi dimasak dengan resep yang tepat maka rasanya akan semakin enak dan nikmat.

Ketika dulu pertama kali mencicipi sayur rebung, saya juga tidak begitu menyukai makanan yang satu ini karena menurut saya rasa rasanya cukup unik dan sangat aneh dilidah. Tetapi setelah saya mengetahui rebung memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita maka secara perlahan saya mulai menyukai makanan yang satu ini.

Nah, bagi Anda yang merasa penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat dari rebung ini bagi kesehatan tubuh kita, maka silahkan simak saja selengkapnya berikut dibawah ini.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Siapa sangka jika rebung bermanfaat bagi jantung kita. Kandungan pitosterol dan fitonutrien pada rebung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh kita.

Kadar kolesetrol jahat (LDL) yang terlalu tinggi didalam tubuh kita sangat beresiko menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pemuluh darah sehingga apabila dibiarkan maka lama-kelamaan akan membuat Anda terkena penyakit jantung.

Nah, bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit jantung maka cobalah untuk mengkonsumsi rebung. Selain itu, jangan lupa juga untuk dibarengi dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Mengkonsumsi makanan yang tepat serta dengan di ikuti pola hidup yang sehat merupakan kombinasi tepat untuk membuat tubuh menjadi sehat.

  1. Menurunkan Resiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh setiap orang didunia ini. Tetpi meskipun demikian Anda tidak perlu terlalu khawatir karen ternyata cukup dengan mengkonsumsi rebung maka itu sudah sangat membantu kita agar terhindar dari berbagai serangan kanker. Kandungan pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil pada rebung di percaya mampu mengendalikan pertumbuhan sel kanker didalam tubuh kita.

  1. Membantu Program Diet

Rebung tidak akan membuat Anda menjadi gemuk sehingga untuk itu bagi Anda yang sedang menjalani program diet tidak perlu takut untuk mengkonsumsi sayur rebung. Kandungan karbohidrat, kalori, gula dan lemak yang terdapat pada rebung sangatlah kecil sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rebung juga mengandung vitamin dan antioksidan, yang mana zat tersebut sangat baik untuk tubuh kita. Antioksidan mampu membantu melawan radikal bebas dari luar sehingga tubuh kita menjadi lebih kuat terhadap serangan penyakit dan sistem kekebalan tubuh pun menjadi meningkat.

  1. Detoksifikasi

Seperti yang kita ketahui bahwa rebung pertama kali ditemukan di China dan masyarakat di sana sering kali menjadikan rebung sebagai obat tradisional. Bahkan masyarakat China sangat percaya jika ekstrak rebung bermanfaat sebagai detoksifikasi atau mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh seperti racun akibat sengatan kalajengking ataupun racun akibat gigitan ular.

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain mengandung vitamin, rebung juga mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat pada rebung tentunya sangat bagus untuk pencernaan kita, dimana serat ini akan membuat pencernaan kita menjadi lebih lancar dan menjaga kondisi usus agar tetap sehat.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat rebung selanjutnya yaitu bisa membantu menurunkan tekanan darah didalam tubuh kita, hal ini dikarenakan rebung juga mengandung kalium. Kalium tidak hanya berfungsi untuk menurunkan tekanan darah saja tetapi juga sangat membantu didalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi maka bisa mencoba mengkonsumsi rebung untuk menurunkan tekanan darah Anda.

  1. Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi rebung memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satu manfaat luar biasa dari rebung yaitu bisa membantu mengontrol kolesetrol didalam tubuh. Bahkan, menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa selain bermanfaat untuk mengontrol kolesterol ternyata rebung juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat didalam tubuh kita serta menstabilkan kadar gula dalam darah.

  1. Mengobati Ganguan Pernapasan

Kemudian manfaat rebung lainnya yaitu bisa membantu mengatasi gangguan pada pernapasan.  Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan masalah pernapasan maka cobalah rebus rebung sebanyak dua kali. Pada rebusan pertama, tunggulah hingga rebung benar-benar mendidih yaitu kurang lebih selama 5 menit dan kemudian untuk rebusan kedua kira-kira 10 menit. Anda bisa menambahkan madu sebelum mengkonsumsi air rebusan agar rasanya menjadi sedikit enak.

  1. Mengobati Luka atau Bisul

Manfaat rebung yang terakhir yaitu bisa membantu mengobati bisul serta mempercepat proses penyembuhan luka. Rebung bersifat analgesik dan anti inflamasi sehingga sangat membantu didalam meredakan rasa nyeri serta mengurangi terjadinya peradangan dan membuat luka ataupun bisul yang Anda alami bisa sembuh dengan cepat.

Itulah 10 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh kita yang mungkin selama ini sangat jarang diketahui oleh orang banyak. Namun meskipun rebung memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita tetapi tetap saja jangan terlalu berlebihan didalam mengkonsumsi rebung ini karena Anda pasti sudah tahu jika sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan