Search
Selasa 27 Juni 2017
  • :
  • :

Teri, Penyebab Asam Urat Kambuh

Starberita – Jakarta, Rasa nyeri sendi yang di alami penderita asam urat bukan hanya mengganggu kenyamanan. Tetapi, kondisi yang satu ini juga bisa membuat penderitanya terpaksa harus berhenti beraktivitas. Karena rasa nyeri yang di alami sangat luar biasa dan tidak bisa tertahankan.

Yang menjadi penyebab utama meningkatnya asam urat dalam tubuh adalah faktor makanan. Salah satu makanan yang bisa menyebabkan asam urat naik adalah seafood atau makanan laut.

Bahkan segelintir orang mengatakan seafood ini menjadi pembunuh bagi penderita asam urat. Karena memang di dalam seafood pada umumnya terdapat kandungan purin yang sangat tinggi.

Ikan teri adalah salah satu jenis seafood yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Ikan yang berasal dari keluarga Engraulidae memiliki mulut bahkan hampir melebar sampai ke belakang mata dan memiliki moncong runcing. Sebagian besar spesies ikan teri ini hidup di laut yang dangkal dengan kondisi suhu yang hangat.

Ikan kecil yang satu ini memiliki proses pertumbuhan yang sangat cepat dimanaikan dewasa biasanya memiliki ukuran 10-25 cm (4-10 inci). Ikan anchovy atau ikan teri ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, bahkan diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Karena, selain rasanya yang enak dan gurih memang memiliki banyak nutrisi seperti asam folatm vitamin C, riboflavin, niasin, vitamin B12, thiamin , vitamin E dan juga vitamin K.

Namun, makanan yang satu ini sangat tidak baik dan bahkan berbahaya bagi penderita asam urat. Itu karena, di dalamnya terdapat kadar purin, lemak dan juga kolesterol yang sangat tinggi. Bagi penderita asam urat konsumsi ikan teri ini bisa menyebabkan kondisi peradangan semakin buruk.

Bukan hanya itu, bahkan penderita asam urat bisa mengalami komplikasi penyakit yang cukup mematikan seperti batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh tinginya kadar purin dari ikan teri bisa membuat asam urat semakin bertumpuk di dalam ginjal dan membentuk batu ginjal. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan