Search
Jumat 15 Desember 2017
  • :
  • :

Pemprovsu Segera Kukuhkan Kepsek & Kepala UPT SMA/SMK Negeri

Starberita – Medan, Pemerintahan Prov Sumatera Utara tengah menyusun pelaksanaan pengukuhan Kepala Sekolah (Kepsek) dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan (Disdik) yang membawahi Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) Negeri yang ada di seluruh Kabupaten/Kota.

“Upaya ini penting agar Kepala SMA/SMK Negeri serta UPT Disdik diseluruh daerah yang ada, bisa bekerja maksimal di bawah kewenangan Pemprovsu. Sehingga peningkatan kapasitas dan kualitas pendidikan di Sumut bisa berjalan,” ucap Sekretaris Daerah Pemprov Sumut, Hasban Ritonga, Rabu (6/6/2017).

Hasban mengatakan,pengukuhan tersebut akan diupayakan bulan Juni 2017.

“Rencananya kita akan kejar di bulan ini juga. Dan jika tidak ada kendala, semua akan kita kukuhkan,”sebut Hasban.

Untuk jabatan Kepsek, kata Hasban, nantinya keberadaan pejabat yang sekarang memimpin sekolahnya, akan dikukuhkan kembali. Akan tetapi bagi Kepsek yang kemungkinan memasuki masa pensiun, maka pihaknya akan mempersiapkan pengganti yang diambil dari sekolah atau UPT yang sama.

“Bisa saja nanti kita siapkan penggantinya untuk yang akan habis masa tugasnya,” kata Hasban.

Sedangkan untuk keberadaan UPT Disdik Sumut khusus untuk SMA/SMK, Hasban pun menyebutkan, saat ini tidak semua Kabupaten/Kota ada. Sehingga untuk satu UPT, kemungkinan dapat mewakili lebih dari satu Kabupaten/Kota. Hal ini, terangnya, mengingat jumlah sekolah yang berbeda antara satu daerah dengan yang lainnya. Atau dengan kata lain, tergantung kebutuhan banyaknya sekolah.

“Memang untuk Kepala UPT itu tidak semuamua ada. Maksimal itu ada 18 UPT yang akan mewakili seluruh sekolah di Sumut. Jadi nanti akan ada yang satu UPT satu Kabupaten/Kota, dan ada juga yang satu UPT mencakup dua daerah,” sebutnya. (sbc-04)




Tinggalkan Balasan