Search
Kamis 29 Juni 2017
  • :
  • :

Jelang Lebaran, Proyek Rehab Jalinsum Sibuhuan Dikebut

Starberita – Sibuhuan, Jelang mudik Lebaran, Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi  Provinsi Sumatera Utara, melalui  UPTD Gunung Tua, kebut perbaikan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Sibuhuan Gunung Tua dan Sibuhuan- sampai batas Riau.

Proyek ini dimulai dari Desa Siaborgoan Dalan Kecamatan Barumun Tengah hingga sampai diperbatasan yang berada Desa  Sungai Korang, Kecamatan Hutara Tinggi, Kabupaten Padang Lawas.

Para pekerja mengunakan  peralatan dan kenderaan milik UPTD Gunung Tua, sejak Selasa  (6/6/ 2017) , terlihat melaksanakan pengerjaan tambal sulam dengan aspal hotmix  di sepanjang jalinsum di Sibuhuan dan sekitarnya yang akan diteruskan hingga ke batas Riau.

“Kami tidak mendapatkan kendala dalam melaksanakan pekerjaan perbaikan jalinsum untuk persiapan  menjelang mudik lebaran,” kata salah seorang pekerja, Harahap. “Karena tidak ada hujan, sehingga  target waktu perbaikan akan terpenuhi. ”

Pekerjaan yang mereka utama adalah perbaikan dengan kondisi terparah ataupun jalan yang paling sulit sulit dilewati kenderaan disebabkan kerusakan, sehingga nantinya para pemudik tidak mengalami kesulitan dalam perjalanan yang melintas dari jalur Sibuhuan dan Gunung Tua , imbuh Harahap.

Maragende Hutasuhut dan Irfan Hasibuan, warga  Sibuhuan, mengatakan perbaikan jalinsum itu sudah sangat membantu penguna jalan raya, meskipun belum maksimal, karena  permukaan badan jalan masih terdapat lobang lobang kecil yang belum tertutupi.

“Perbaikan ini sudah sangat membantu penguna  jalan yang mengunakan kendaraan mobil pribadi dan sepeda motor , tidak lagi khawatir untuk terjebak lubang yang dalam , meskipun belum maksimal tetapi telah ada upaya perbaikan yang memberikan kemudahaan bagi pemudik lebaran nantinya , kata mereka.

Kasi Perbaikan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut UPTD Gunung Tua, Hasian Dasopang mengatakan,  perbaikan jalinsum menjelang arus mudik lebaran sudah dilaksanakan  sejak minggu lalu.
“Pekerjaan tahap awal  adalah perbaikan kerusakan terparah, kemudian akan disusul perbaikan kerusakan ringan.yang ada disejumlah titik – titik rawan kerusakan,” katanya.

Menurutnya, musim mudik lebaran tahun ini tidak akan terkendala bagi pemudik ,karena  kerusakan badan jalan telah dilekakukan perbaikan secara merata di semua kawasan yang dianggap rawan kerusakan.  (sbc-04/drh)




Tinggalkan Balasan