Search
Jumat 18 Agustus 2017
  • :
  • :

Sekdaprovsu Sesalkan Rendahnya Jumlah ASN Hadiri Diklat Kepemimpinan

Starberita – Medan, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Hasban Ritonga menyesalkan persentase kehadiran Diklat Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim) Angkatan XI Tahun 2017.

Panitia mendapati hanya 60 persen dari jumlah 32 peserta yang hadir dalam hari pembukaan Diklat di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provsu Jl. Ngalengko – Medan .

“Sangat disayangkan di hari pertama pembukaan sudah tidak hadir, perlu dipertanyakan dan menjadi catatan tentang ketidakhadiran tersebut, mudah-mudahan karena alasan sesuatu yang sangat penting. Bukan karena menganggap Diklat Kepemimpinan ini  tidak begitu penting,” ujar Hasban, Selasa (6/6/2017).

Padahal, dia menambahkan, diklat ini merupakan suatu keberuntungan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat terpilih mengikuti Diklat Kepemimpinan tingkat IV. Diklat tersebut adalah salah satu syarat meduduki jabatan Eselon IV. “Dan sesuai dengan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil Negara pasal 16 mengisyaratkan setiap jabatan ditargetkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.”

Selain itu Hasban juga mengatakan mengatakan pelaksanaan Diklat Pim Tk. IV ini sudah dirancang dan dianggarkan di RAPBD tahun lalu dan dialokasikan anggarannya di APBD tahun 2017. “Tentunya menggunakan uang rakyat,” tegas Hasban.

Pada kesempatan itu Hasban juga mengharapkan melalui diklat seperti ini akan terwujud ASN yang profesional sebagai proses transformasi kualitas sumber daya manusia (SDM). “Sehingga terwujud sosok aparatur pemerintah yang memiliki jati diri sebagai PNS RI, Abdi Negara, Abdi Masyarakat yang mempunyai komitmen, integritas dan kompetensi yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan dan khususnya dalam pelayanan kepada masyarkat,” harap Hasban.

Sementara Panitia Penyelenggara, Bonar Sirait melaporkan bahwa pelaksanaan diklat kepemimpinan tingkat IV mengacu pada undang-undang no. 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil Negara, Peraturan Pemerintah  No.101 tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan pegawai  negeri sipil, peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2002, tentang pengangkatan pegawai negeri sipil dalam jabatan struktural dan peraturan kepala LAN-RI no.20 tahun 2015 tentang pedoman penyelenggara diklat kepimpinan Tk. IV.

“Sasarannya terwujud PNS profesional sebagai pelayan masyarakat,” ujar Bonar Sirait.

Peserta pada diklat kepemimpinan Tk. IV angkatan XI tahun 2017 ini, lanjutnya, diikuti sebanyak 32 orang dari SKPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Dilaksanakan mulai dari 6 Juni s.d 28 September 2017. (sbc-04/drh)




Tinggalkan Balasan