Search
Kamis 29 Juni 2017
  • :
  • :

Puasa, 4 Cara Atasi Bibir Kering

Starberita – Jakarta, Selama berpuasa lebih dari 12 jam, tubuh tidak menerima asupan cairan. Kurangnya asupan cairan dapat membuat kulit maupun bibir menjadi kering. Dari permukaan bibir terasa kasar, perih, sampai pecah-pecah.

Tentu saja bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan banyak bertemu dengan orang lain, kondisi tersebut sangat mengganggu penampilan. Lantas bagaimana menghindari masalah pada bibir ini selama berpuasa? Berikut ini beberapa bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasinya.

  1. Mentimun
    Mentimun kaya kandungan air serta vitamin C dan E. Kandungan air dalam mentimun telah dipercaya ampuh menjaga kelembapan kulit. Mentimun tidak hanya bisa diolah menjadi masker wajah, tapi juga bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Caranya, parut mentimun secukupnya. Oleskan hasil parutan secara merata di permukaan bibir. Diamkan selama 10 menit. Anda bisa melakukannya sebelum tidur, sambil menonton televisi, atau di waktu sahur. Lalu, bersihkan bibir dengan air dingin kemudian oleskan pelembap atau lip balm.

  1. Gula
    Cara lain mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan mengangkat sel-sel kulit mati di bibir melaluiscrubbing. Nah, salah satu bahan yang dapat digunakan dan mengembalikan kelembutan bibir adalah gula.

    Caranya, campurkan dua sendok teh gula dengan satu sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut di permukaan bibir dengan lembut menggunakan jari tangan. Setelah itu, bersihkan bibir dengan air hangat dan oleskan pelembap atau minyak zaitun di bibir. Anda dapat melakukannya malam hari menjelang tidur.

    3. Kelopak bunga mawar
    Kalau Anda menanam bunga mawar, kelopaknya dapat menjadi penyelamat saat bibir pecah-pecah. Kelopak bunga mawar mengandung minyak alami yang menjaga kelembapan bibir. Selain itu, mencerahkan warna bibir.

    Caranya, petik beberapa kelopak bunga mawar kemudian cuci bersih. Tumbuk atau potong kelopak bunga mawar menjadi serpihan-serpihan kecil kemudian rendam dalam susu selama 20-30 menit. Terapkan campuran kelopak bunga mawar dan susu itu di bibir yang pecah-pecah lalu diamkan beberapa menit. Efeknya akan mendinginkan dan melembapkan bibir. Perawatan bibir dengan kelopak bunga mawar dapat dilakukan malam hari sebelum tidur.

    4. Wortel
    Wortel kaya akan vitamin A dan C. Selain bermanfaat menutrisi kulit, wortel dapat mengatasi masalah bibir. Caranya, parut wortel secukupnya. Anda bisa memerasnya terlebih dahulu dan mengambil sarinya untuk diminum. Kemudian oleskan ampasnya di bibir secara merata. Ampas wortel mendinginkan bibir yang pecah-pecah dan mengembalikan kelembapannya. Lakukan malam hari sebelum tidur. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan