Search
Senin 25 September 2017
  • :
  • :

Manfaat Daun Andong Merah untuk Pengobatan Batuk Berdarah

Starberita – Jakarta, Tanaman Andong dalam bahasa latin disebut Cordyline fruticosa Rubra, atau Palm Lily, Ti Plant, Goodluck Plant. Andong merupakan genus dari 15 spesies tanaman berbunga Monocotyledonous berkayu.

Andong berasal dari keluarga Asparagaceae, subfamili Lomandroideae. Manfaat daun Andong merah telah lama digunakan sebagai ramuan obat bengkak, batuk darah, dan mengatasi haid terlalu banyak.

Spesies Andong tersebar di seluruh wilayah Polynesia sebagai tanaman budidaya. Rimpang tanaman bertepung dan rasanya sangat manis saat tanaman matang.

Beberapa tradisi memakan daun dan rimpang sebagai makanan dan obat-obatan. Manfaat daun anding merah telah lama digunakan suku-suku di Poynesia, diantararanya Mouri yang sering mengkonsumsi rimpang Andong.

Manfaat Daun Andong Merah

Tradisi di Hawai memanfaatkan daun sebagai Rok Hula, terdiri dari 50 lapisan daun Andong hijau. Tradisi gaun tari Tonga memanfaatkan Andong yang dikenakan diatas tupenu, dan dihiasi dengan beberapa daun kuning atau merah.

Orang-orang Hawaii kuno menganggap tanaman Andong memiliki kekuatan spiritual. Hanya imam besar dan kepala suku yang dapat memakai daun di sekitar leher selama kegiatan ritual tertentu.

Beberapa orang Hawaii saat ini menanam Andong didekat rumah karena dianggap membawa keberuntungan. Manfaat daun Andong merah juga digunakan orang-orang Hawaii untuk obat antiseptik dan diuretik.

Dalam tradisi di Indonesia, beberapa manfaat daun Andong telah lama dianggap sangat mujarab untuk mengeboati masalah kesehatan. Tanaman ini disebut juga Kayu Urip, Endong, atau Linjuwang. Andong umumnya tumbuh liar dipagar atau di kuburan sebagai tanaman hias, dan tumbuh subur di dataran rendah sampai 1900 mdpl.

Kandungan kimiawi daun Andong diantaranya Steroida, Saponin, Polisakarida. Adapun manfaat daun Andong merah dapat digunakan sebagai Hemostatik, Antibengkak, Batuk darah, dan Haid terlalu banyak. Berikut ini cara membuat ramuan herbal dari daun Andong:
1. Sediakan daun Andong segar sebanyak 5 helai.
2. Seduh ramuan selama 15 menit kedalam air mendidih secukupnya
3. Ramuan ini diminum sekali sehari, sebanyak 100 ml.

Umumnya masyarakat kita sering menanam pohon Andong di kebun, tinggi tanaman bisa mencapai 5 meter. Biri-ciri batang Andong tampak keras, bekas dudukan daun tampak dengan jelas.

Daun berwarna hijau tua dan tepi daun rata. Bantuk daun tunggal dan menempel pada batang. Bentuk bunga malai, ciri ditandai tumbuh diketiak daun dengan tangkai bunga yang panjang. Sementara ciri buah seperti berry, berwarna merah mengkilat. Tanaman Andong memiliki akar serabut berwarna putih kotor. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan