Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Starberita – Jakarta, Makanan yang berasal dari olahan ikan itu memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Ikan apa saja itu akan terasa nikmat apabila pas dalam pengolahannya, salah satunya adalah ikan salmon.

Berbicara tentang ikan salmon, sebenarnya bukan hanya nikmat saja, melainkan juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi, yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ikan salmon merupakan sumber omega 3 (EPA & DHA) yang tentu sangat berguna untuk kesehatan.

Selain itu, ikan salmon juga mengandung protein berkualitas tinggi, asam amino, vitamin A, B, B6, D, E, dan kandungan lainnya seperti zat besi, kalsium, seng, magnesium, dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya kandungan yang terdapat dalam ikan salmon, membuat ikan laut yang satu ini sangat bergunda dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat ikan salmon? Berikut ini beberapa manfaat ikan salmon unuk kesehatan:

1. Sistem imun tubuh
Ikan salmon memiliki kandungan yang dapat membantu meingkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin akan membuat tubuh menjadi lebih kuat terhadap serangan radikal bebas, serta akan lebih jauh dari penyakit kanker.

2. Meningkatkan fungsi dan kecerdasan otak
Kandungan asam amino, protein, dan vitamin B6 di dalam ikan salmon merupakan kandungan yang dapat membantu menunjang kinerja dan kesehatan otak, khususnya pada anak-anak. Mengkonsumsi ikan salmon secara rutin akan membantu meingkatkan kinerja dan fungsi otak menjadi lebih baik. Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi anak kecil untuk disediakan hidangan ikan salmon secara rutin.

3. Menjaga kesehatan mata
Kesehatan mata kita memang sangatlah penting. Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata, anda bisa memanfaatkan kandungan yang ada dalam ikan salmon. Kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan dan menjaga penglihatan mata. Bahkan dapat membantu mencegah dari penyakit katarak serta penyakit mata lainnya.

4. Membentuk otot
Ikan salmon sangat kaya akan kandungan proteinnya yang tentunya sangat dibutuhkan oleh otot. Memang protein tinggi pada salmon tidak mudah dicerna seperti karbohidrat. Namun fungsi dari protein ini akan dapat membentuk otot yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh secara lebih maksimal.

5. Mengurangi depresi
Akibat masalah kehidupan yang selalu menumpuk membuat diri sendiri tak mampu menanggungnya, sehingga menjadi stres dan depresi. Untuk menghindari dan mengurangi stres dan depresi, manfaatkanlah ikan salmon untuk dikonsumsi secara rutin. Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya mampu mengurangi depresi dan menjaga suasana hati yang baik.

6. Kurangi resiko diabetes tipe 2
Kandungan protein, asam lemak omega 3, selenium, dan vitamin D dalam ikan salmon mampu membantu insulin dalam mengontrol kadar glukosa darah. Sehingga risiko diabetes tipe 2 pun akan berkurang. Oleh sebab itu, konsumsilah ikan salmon secara rutin agar terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.

7. Membantu mengontrol berat badan
Bagi anda yang terkadang merasa ribet dalam hal mengontrol berat badan, anda bisa memanfaatkan ikan salmon sebagai makanan rutin. Ikan salmon memiliki kandung air 68.50 g yang dapat mempercepat metabolisme tubuh, sehingga akan dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Konsumsilah secara rutin.

8. Melindungi tubuh dari kanker ginjal
Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit kanker, dan salah satunya adalah kanker ginjal. Kanker yang menyerang organ dalam manusia. Untuk melindungi tubuh dari serangan kanker ginjal, konsumsilah ikan salmon secara rutin. Kandungan magnesium dan asam lemak di dalamnya mampu membantu melawan karsinoma sel ginjal yang merupakan bentuk kanker ginjal paling umum.

9. Mencegah hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Memanfaatkan ikan salmon yang kaya akan omega 3 ini akan membantu mengontrol tekanan denyut jantung dan tekanan darah. Sehingga hipertensi akan bisa dicegah dengan lebih mudah.

10. Meningkatkan kesehatan jantung
Ikan salmon juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Serangan jantung secara mendadak memang tidak bisa dideteksi. Untuk menghindari hal itu, konsumsilah ikan salmon secara rutin. Kandungan omega 3, protein, dan asam amino di dalamnya mampu membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung lebih baik.

11. Menyehatkan tulang
Kesehatan tulang bisa kita jaga dengan asupan vitamin D yang biasa kita dapat dari sinar matahari. Tapi sebenarnya bukan hanya dari sintesis sinar matahari saja, kita juga dapat memperoleh asupan vitamin D ini dari ikan salmon. Ikan salmon bahkan merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Mengkonsumsi secara rutin ikan salmon akan membantu menjaga kesehatan tulang dengan baik.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan