Search
Kamis 16 Juli 2020
  • :
  • :

Indonesia Paling Aman Bagi Terorisme

Starberita – Yogyakarta, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, Indonesia rawan menjadi negara paling aman untuk tumbuh kembangnya terorisme. Menurutnya, hal tersebut disebabkan UU Terorisme yang ada saat ini tidak bisa mencegah atau menangkap pelaku teroris sebelum melaksanakan aksinya.

“UU Terorisme tahun 2003 itu lahir karena desakan internasional untuk mengungkap jaringan pelaku bom bunuh diri di Bali. Kalau kita menggunakan UU Terorisme yang sekarang, kita sangat memanjakan teroris, ” kata Gatot saat memberikan orasi di Kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Minggu (4/6/2017).

Gatot mengaku pernah berbicara dengan Kapolri terkait tindakan Densus 88 dalam menangani teroris yang harus mengintai dan memantau terduga teroris selama beberapa bulan, bahkan tahunan namun tak bisa menangkapnya karena terbentur UU yang ada.

“Kalau mereka melakukan aksi baru bisa ditangkap. Jadi sejak tahun 2003 itu sudah ada puluhan  kejadian bom yang diledakkan oleh teroris,” ucapnya.

Dengan masih lemahnya UU yang ada saat ini, Gatot mengajak masyarakat untuk peduli dengan lingkungannya karena terorisme itu adalah kejahatan luar biasa yang harus ditanggulangi.

“Jangan sampai kejadian di Suriah juga menimpa di Indonesia. Sesama umat muslim berperang dan masing-masing sama-sama berteriak Allahu Akbar sambil menembak atau melakukan pengeboman,” kata dia.

Gatot juga mengingatkan, bahaya terorisme dan ISIS kini sudah di depan mata. Perang antara pemerintah Filipina dengan ISIS di Marawi bukti jika ISIS sudah menjadi ancaman bagi bangsa Indonesia.

“Jarak Marawai Filipina dengan Morotai Sulawesi Utara sangat dekat,” katanya. (sbc-03/viv)




Tinggalkan Balasan

error: