Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Gubsu Optimis Masalah Listrik Teratasi

Starberita – Medan, Gubernur Sumatera Utara, Ir HT Erry Nuradi MSi, mengaku optimis masalah listrik di Sumatera Utara selama 30 tahun ini akan teratasi, seiring akan diopersionalkannya Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) di pusat pembangkit listrik PLN Sicanang, Belawan.

“Secara bertahap, Sumut terus berbenah dan semakin maju,” kata Gubsu ketika meninjau dimulainya uji coba operasional Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) sekaligus buka puasa bersama ribuan masyarakat Sicanang, Belawan, kemarin.

Saat ini, kata Gubsu, pembangkit listrik di sejumlah lokasi, seperti di Sarulla, Pangkalan Susu serta pembangkit mini juga sedang dalam tahap pembangunan.

“Dalam waktu tiga tahun mendatang, pasokan listrik dari pembangkit yang ada nantinya akan cukup mejamin kebutuhan listrik bagi Sumut. Insya Allah tidak ada lagi pemadaman dengan adanya cadangan dari Kapal MVPP 240 Megawatt yang bisa diambil extention hingga 480 MW. Jadi secara teknis listrik kita cukup,” sebutnya.

Gubsu juga mengaku, optimis menuju Sumut Sejahtera dan Paten, dimana berbagai kemajuan seperti pembangunan infrastruktur jalan serta sistem pelayanan pemerintahan yang semakin baik.

Beberapa diantaranya yakni pembangunan jalan tol yang merupakan jalur cepat terpanjang mencapai lebih dari 100 Km, yang pada prosesnya membutuhkan peran serta pemprovsu dalam hal pembebasan lahan. “Ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena setahap demi setahap pembangunan meningkat sesuai harapan masyarakat,” sebutnya.

Gubsu berharap, peresmian penggunaan Kapal MVPP nantinya dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo, termasuk meresmikan penggunaan jalan tol.

Sementara Direktur PLN Regional Sumatera, Amir Rosidin, mengapresiasi sekaligus berterimakasih atas perhatian Gubsu terhadap kondisi kelistrikan di Sumut. “Dengan kemajuan yang ada sekarang ini, akan mampu menyelesaikan persoalan byarpet yang selama ini menjadi masalah di masyarakat,” harapnya.

Sedangkan anggota DPD RI, Parlindungan Purba, juga mengaku optimis dengan upaya pemerintah pusat dan provinsi dalam menyelesaikan persoalan pasokan listrik yang ada. “Dengan adanya pembangunan pembangkit listrik oleh PLN dan pihak swasta, cadangan yang dimiliki menacapai 50%,” harapnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan