Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Dana untuk Parpol Diusulkan Naik 10 Kali Lipat

Starberita – Jakarta, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menginginkan pada tahun anggaran 2018 agar dana partai politik dinaikkan bisa mencapai 10 kali lipat.

“Tahun depan, tahun anggaran 2018. Dari Rp108 (per suara) kami naikkan ke 10 kali lipat. Itu kacamata pemerintah,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin (5/6/2017).

Menurutnya, kenaikan 10 kali lipat hingga mencapai Rp 1000 per suara masih dianggap kecil dibandingkan pasca Reformasi pada 2009 sebesar Rp2000.

“Bargaining dengan DPR, DPR kan punya hak budget. Kita lihat dulu yang urgent adalah ini, kalau mau ubah Undang-Undang parpol setelah Pileg, Pilpres, Pilkada serentak 2019,” kata Tjahjo.

Tjahjo membandingkan Indonesia dengan negara lainnya. seperti Singapura, Malaysia, Kanada, dan Jerman. Negara tersebut dana parpolnya dijamin penuh. Tapi, menurutnya memang ada pertanggungjawabannya sehingga tak hanya diaudit BPK namun semua pihak.

“Kita hanya Rp108, saya pernah mimpin partai menang bantuan negara hanya 2 miliar, memang untuk harian. Memang penting bagaimana ke depan partisipasi iuran kader partai dan anggota harus ada, ada bantuan parpol ada audit dengan benar, soal jumlah sangat-sangat relatif. Kalau ada korupsi, harus dijelaskan sanksinya apa, misalnya enggak boleh ikut pemilu,” kata Tjahjo.

Sebelumnya, usulan kenaikan dana parpol sudah berulang kali disuarakan. Baik didorong pemerintah terutama Kementerian Dalam Negeri selaku eksekutif dan juga DPR sebagai legislatif.

Terakhir usulan kenaikan dana parpol hingga 10 kali lipat disuarakan pada 2015 lalu. Namun, kritikan penolakan yang deras dan tak sesuai dengan petumbuhan ekonomi, usulan ini akhirnya dibatalkan. (sbc-03/vnc)

 




Tinggalkan Balasan