Search
Selasa 27 Juni 2017
  • :
  • :

Arab Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Starberita – Berkenaan dalih terorisme, empat negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Selanjutnya, negara-negara itu menutup akses ke negara Teluk tersebut.

Hal ini merupakan dampak dari meningkatkan krisis yang dimulai dari hubungan Qatar dengan Iran dan dukungan terhadap Ikhwanul Muslimin. Pemerintah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan tentang keputusan itu, seperti dilansir laman Bloomberg, Senin (5/6/2017).

Keempat negara tersebut akan menangguhkan perjalanan udara dan laut dari dan ke Qatar. Selain itu, Arab Saudi juga akan menutup penyeberangan darat dengan negara tetangganya itu.

Demikian diwartakan Kantor Berita Arab Saudi, yang menyebut kebijakan itu berpotensi merampas nilai impor kerajaan tersebut.

Arab Saudi menjadikan dukungan Qatar terhadap kelompok teroris yang bertujuan untuk mengacaukan wilayah Teluk, sebagai alasan utama. Dukungan itu diberikan Qatar termasuk kepada kelompok Ikhwanul Muslimin, Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok teroris Al-Qaeda.

Arab Saudi menuduh Qatar mendukung kelompok teroris yang didukung Iran yang beroperasi di provinsi timur kerajaan tersebut, dan juga Bahrain.

Arab Saudi, bersama Bahrain, dan Uni Emirat Arab, memberi waktu 48 jam bagi para diplomat Qatar untuk pergi dari negara tersebut. (sbc-03/kom)




Tinggalkan Balasan