Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Tips Sederhana Agar Cepat Ngantuk

Starberita – Jakarta, Banyak orang sulit mendapatkan waktu tidur yang berkualitas karena berbagai aktivitas yang harus dikerjakan. Padahal, tidur yang cukup akan membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh.

Adanya perkembangan teknologi atau aktivitas yang padat, biasanya membuat banyak orang harus menunda waktu tidurnya hingga larut malam. Hal ini yang akhirnya membuat mereka terbiasa untuk tidur larut dan sulit terlelap dengan mudah.

Salah satu dokter yang bekerja di Critical Care and Sleep Medicine Center, Dr James Rowley, menuturkan padatnya aktivitas membuat seseorang sulit terlelap dalam tidurnya. Waktu tidur yang berkualitas yakni selama enam sampai delapan jam, akhirnya sulit dicapai. Untuk itu, ada beberapa cara tradisional yang ampuh membuat kantuk.

1. Tidur di luar
Kemping atau tidur di luar rumah ternyata memberi dampak tubuh untuk bisa terlelap dengan mudah. Secara biologis, tubuh sudah memiliki pengaturan siklus tidur ketika malam hari tiba. Dengan tidur di luar kamar, tubuh akan mengetahui saat malam hari tiba dan memberi serangan kantuk pada mata.

2. Camilan sebelum tidur
Hal ini bukan berarti harus banyak makan sebelum tidur. James merekomendasikan jenis makanan ringan sebelum waktu tidur menjelang. Jenis camilan yang dianjurkan yaitu yang mudah dicerna seperti kacang almon atau potongan daging turkey.

3. Atur pernapasan
Pernapasan dalam ternyata mampu memicu relaksasi tubuh untuk memberi rasa kantuk. Atur pernapasan dengan cara tidur telentang, tutup mata, kemudian ambil napas panjang menuju ke dalam perut. Lakukan hal ini selama 15 menit. Pastikan Anda fokus mengatur saat menghirup dan menghembuskan udara secara perlahan.

4. Konsumsi teh pisang kayu manis
Pisang banyak mengandung potassium dan magnesium untuk memberi relaksasi. Selain itu, kayu manis juga mampu menurunkan kadar gula darah yang juga memberi rasa nyaman pada tubuh.

Resep secangkir teh ini sederhana. Cukup dengan mengupas sebuah pisang lalu potong kecil dan tempatkan ke dalam air. Rebus selama 10 menit sambil diberikan bubuk kayu manis. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan