Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Survei: 50% Lebih THR Dipakai Belanja

Starberita – Jakarta, Sepertinya sudah menjadi tradisi anggaran belanja saat Ramadhan lebih besar dibanding bulan-bulan biasa. Keinginan membeli barang-barang baru untuk Idul Fitri atau berlibur selama Lebaran menjadi penyebab melonjaknya pengeluaran saat Ramadhan.

Keinginan untuk berbelanja kian besar setelah Tunjangan Hari Raya (THR) diterima. Namun, sebenarnya sebelum THR turun, orang sudah berbelanja gila-gilaan dengan cara menggunakan kartu kredit dan membayar kemudian.

Perusahaan penyedia cashback belanja daring, ShopBack, membuat survei terhadap sekitar 300 orang yang biasa berbelanja daring di lima kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan selama dua pekan pada Mei 2017 itu diketahui bahwa 78,30 persen responden mengaku jumlah pengeluaran mereka bertambah guna mencukupi kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Sebanyak 52,50 persen konsumen menggunakan dana THR untuk keperluan belanja. Sebagian lagi ( 23,90 persen ) berencana menggunakan dana yang ada di tabungan, sedangkan 23,90 persen lagi memakai uang gaji untuk keperluan tersebut.

Jumlah pengeluaran yang direncanakan oleh konsumen untuk belanja daring juga bervariasi. Sebanyak 64,60 persen konsumen mengatakan akan menggelontorkan dana Rp500 ribu-5 juta untuk berbelanja keperluan Ramadhan dan Lebaran. Sebanyak 34,40 persen lainnya berencana akan belanja daring sekitar Rp100-499 ribu.

“Khusus penggunaan THR, 40,60 persen responden menginformasikan akan menggunakan sebesar 51 persen hingga keseluruhan atau 100 persen dari jumlah THR yang mereka terima,” ujar Wakil Presiden Pemasaran ShopBack Indonesia, Inge Kosasih.

Hasil menarik lain dari survei tersebut adalah promo belanja daring menjelang Idul Fitri tidak hanya ditunggu oleh konsumen Muslim. Konsumen non Muslim sangat berminat dengan promo tersebut. Sebanyak 97,7 persen konsumen non Muslim mengaku akan berpartisipasi dalam beragam promo menarik yang diselenggarakan gerai-gerai daring. Artikel terkait: THR Harus Dibayar Selambatnya Tujuh Hari Sebelum Lebaran

“Artinya, pelaku e-commerce juga dituntut semakin cerdas dalam mengembangkan layanan serta promosi istimewanya agar mampu mengakomodasi kebutuhan konsumen yang tidak merayakan Idul Fitri. Keperluan penunjang liburan dapat dipertimbangkan untuk dipromosikan dan melengkapi kebutuhan utama yang banyak dicari menjelang Idul Fitri,” ungkapnya. (sbc-03/tem)




Tinggalkan Balasan