Search
Minggu 20 Agustus 2017
  • :
  • :

Jaga Kesehatan Jantung dengan Rutin Konsumsi Bawang Putih

Starberita- Jakarta, Anda tentu sudah mengetahui sederet manfaat bawang. Mulai dari membantu mengobati jerawat, mencegah pembekuan darah, mencegah kanker, membantu melawan infeksi hingga menjaga kesehatan jantung, semuanya dapat Anda rasakan jika rutin mengonsumsi bawang putih setiap hari.

Ternyata, manfaat bawang putih tidak berhenti sampai disitu saja. Mengonsumsi bawang mentah setiap hari memiliki khasiat yang sama dengan mengonsumsi satu sendok makan jahe. Dimana keduanya sama-sama dapat mengurangi tingkat gula dalam darah.

“Sayur dan buah memang sama-sama mengandung senyawa phytochemicals untuk menjaga keseimbangan gula darah. Namun jahe, bawang putih dan bawang bombay memiliki senyawa phytochemicals lebih tinggi, sehingga pasokan darah ke dalam organ-organ vital melalui aliran darah tidak terganggu. Itu sebabnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh jahe bubuk atau tiga sendok teh bawang putih bubuk di pagi hari.” jelas Johannes Hinrich von Borstel, penulis buku Heart: The Inside Story of Our Body’s Most Important Organ.

Von Brostel menambahkan, bukan hanya bawang saja yang dapat menjaga kesehatan jantung, namun juga berhubungan intim dan cukup tidur. Keduanya sama-sama terbukti dapat menjaga kesehatan jantung. Berikut penjelasan lengkapnya.

“Sama halnya seperti olahraga kardio, hubungan intim yang Anda lakukan dengan pasangan mampu merilis hormon yang melindungi sistem cardiovascular dalam tubuh.” ujar von Borstel.

Satu kali orgasme mampu merilis 50 senyawa berbeda termasuk oxytocin yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, menyembuhkan luka sekaligus mengurangi stres. Berhubungan intim dengan orang yang Anda cintai dibanding dengan orang asing dapat merilis senyawa oxytocin yang sangat tinggi dalam tubuh.

Bagaimana dengan cukup tidur?
Kurang tidur di malam hari sangat erat kaitannya dengan tekanan darah dalam tubuh. Saat seseorang tidak cukup tidur, tekanan dalam tubuh akan naik drastis sehingga mengakibatkan jantung berdetak tidak stabil.

Peneliti dari Universitas Warwick melaporkan bahwa 48 persen orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari berisiko terserang penyakit jantung dan stroke. Saat insomnia, senyawa adrenaline dalam tubuh seseorang akan meningkat. Hal tersebut menyebabkan stres sehingga jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.

Bagaimana jika kurang tidur kemudian mengonsumsi bawang putih sebagai penawarnya? Meski belum dapat dibuktikan, para peneliti menyarankan agar cukup tidur di malam hari, minimal 7 jam dan rutin mengonsumsi bawang putih, baik yang mentah dengan cara dimakan langsung atau yang bubuk dengan cara dicampurkan ke dalam segelas air.

Jika sudah mengetahui besarnya manfaat bawang, masihkah Anda ragu untuk mencobanya?. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan