Search
Sabtu 16 Desember 2017
  • :
  • :

Irjen Paulus Waterpau Jadi Kapolda Sumut

Starberita – Jakarta, Berdasarkan surat telegram Kapolri nomor ST/1408/VI/2017 yang ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Arief Sulityanto, tertanggal 2 Juni 2017, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan mutasi 109 perwira tinggi dan perwira menengah di jajarannya.

Salah satu jabatan perwira tinggi yang dimutasi, adalah Kapolda Sumatera Utara Irjen Rycko Amelza Dhaniel yang dipromosikan menduduki jabatan sebagai Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) menggantikan Irjen Anas Yusuf yang dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Utama bidang Bindiklat Lemdiklat Polri.

Jabatan Kapolda Sumut yang ditinggalkan, Rycko Amelza Dhaniel, dipercayakan kepada Irjen Paulus Waterpau yang kini menjabat sebagai Wakabaintelkan Polri.

Jabatan Kapolda lain yang diganti, antara lain Maluku Utara dari Brigjen Tugas Dwi Apriyanto kepada Brigjen Achmat Juri. Sementara Dwi Apriyanto diangkat dalam jabatan baru sebagai Sahlisosbud Kapolri.

Selanjutnya Brigjen Gatot Eddy Pramono akan digantikan Brigjen Mas Guntur Laupe sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan. Brigjen Gatot Subroto Kapolda Jatim akan digantikan oleh Brigjen Awan Samodra. Wakapolda Maluku Utara pun juga diganti dari Brigjen Musa Ginting ke Brigjen Daniel Pasaribu.

Masih dalam telegram yang sama empat orang jenderal bintang dua dimutasi dalam rangka persiapan purna tugas atau pensiun. Mereka adalah Irjen Burhanuddin Andi, Irjen Joddie Rooseto, Irjen Budi Hartono dan Irjen Musyafak.

Khusus untuk Buhanuddin Andi akan ditugaskan di Kementrian BUMN dan Jodie Rooseto ditugaskan di Badan Intelijen Negara (BIN). (sbc-02/okz)




Tinggalkan Balasan