Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Wakapolda & Walikota Tinjau ATCS

Starberita – Medan, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Drs Agus Andrianto SH, bersama Walikota Medan Drs H Dzulmui Eldin S MSi, meninjau Area Traffic Control System (ATCS) Kota Medan yang berada di Kantor Kesbangpol Kota Medan Jalan Balaikota Medan, Jumat (2/6/2017). Dari  ATCS ini, Wakapolda dan Walikota memantau arus lalu lintas di sejumlah titik di Kota Medan.

Peninjauan ini turut dihadiri Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandy Nugroho, Kasat Brimob, Kombes Pol Zulfikar Tarius SSos, Kadis Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat selaku Kepala Pemegang Kendali ATCS, Kabid TI Polda Sumut, Kombes Pol Drs Yusuf Suprapto, Karo Ops Kombes Pol Drs Imam Prakoso dan Kabid Humas PoldasuKombes Pol Rina Sari Ginting.

Dalam peninjauan di ruang kendali ATCS yang  berbasis CCTV, Wakapoldasu didampingi Walikota langsung melakukan pengecekan di depan komputer pengendali CCTV dan melakukan pemantauan kelancaran arus lalu lintas di Kota Medan. Hal ini untuk mengetahui titik-titik mana saja yang rentan terjadi kemacetan.

Menurut Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Rina Sari Ginting, pengecekan dan pemantauan arus lalu lintas yang dilakukan inti untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H. “Melalui pemantauan ini, kita mengetahui titik mana saja yang macet sehingga petugas  bersiaga. Dengan demikian masyarakat yang mudik dapat berkendara dengan aman dan nyaman,” kata Rina.

Walikota Medan mengatakan, ATCS ini merupakan tuntutan kota. Selain mendukung pengendalian penanganan arus lalu-lintas, keberadaannya juga untuk mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang terjadi di jalan. Apalagi melalui gambar yang terlihat bisa di-zoom (perbesar) sehingga memudahkan indentifikasi jika kerawanan terjadi di jalan.

“Kita akan mengupayakan untuk menambah pemasangan alat ATCS ini. Kita harapkan persimpangan, terutama yang rentan kemacetan dan terjadinya kerawanan dapat terpasang. Sebab, keberadaan alat ini sangat membantu untuk mendukung pengendalian penanganan arus lalu lintas di Kota Medan, termasuk mengantisipasi terjadinya kerawanan di jalan,” jelas Walikota.

Dalam peninjauan yangi dilakukan itu, Kadishub Kota Medan, Renward Parapat menjelaskan sistem kerja dan pengoperasian alat ATCS. Dikatakannya, ATCS merupakan suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan