Search
Kamis 14 Desember 2017
  • :
  • :

Pancasila Mempersatukan Keberagaman

Starberita – Medan, Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, 1 Juni 2017, Gubsu, Tengku Erry Nuradi memimpin Deklarasi Bersama Masyarakat Sumatera Utara, yang diwakili unsur Forkopimda Sumut, berjudul ‘Kami Indonesia, Kami Pancasila’. Sebelum membacakan deklarasi, Erry menegaskan bahwa Pancasila adalah ideologi yang sangat tepat yang mempersatukan kita sebagai bangsa.

“Kita harus ingat, bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman,” tuturnya dalam awal sambutan di Gubernuran Jalan Sudirman 41, Medan, Kamis (1/6/2017).

Erry pun menyatakan, di Indonesia ada 17 ribu pulau, lebih dan 700 suku, beragam agama, golongan, itulah Kebhinekaan kita. “Belajar dari pengalaman negara lain, yang dihantui oleh radikalisme, terorisme dan perang saudara. Namun kita dengan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dalam bingkai NKRI, bisa terhindar dari masalah-masalah itu,” kata Erry.

Erry pun mengatakan, Indonesia juga beruntung mempunyai ciri khas berupa silaturahmi dan safari Ramadhan. “Kita yang terdiri dari berbagai agama, suku dan etnis dapat tetap bersatu berkat silaturahmi, termasuk melalui safari Ramadhan seperti ini. Semangat kebersamaan ini merupakan nilai-nilai luhur Pancasila yang harus kita tanamkan di diri kita sebagai bangsa Indonesia,” ajak Tengku Erry.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Erry didampingi oleh Wagubsu, Nurhajizah Marpaung, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri, Kapoldasu, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Agus Hernawan, Kepala BNN Sumut, Brigjen Pol Andi Loedianto, Pangkosek Hanudnas III, Danlanud Soewondo, Ketua MUI Sumut, Ketua FKUB Sumut Maratua Simanjuntak, Wadanlantamal I Belawan, para Ketua dan Pengurus FKDM, FPK, FPB, FKPT dan Pusat Informasi Anti Narkoba Sumut, membacakan deklarasi ‘Kami Indonesia, Kami Pancasila’.

Selain itu, tampak hadir dalam kegiatan ini, Sekdaprovsu, Hasban Ritonga, para pejabat SKPD Pemprovsu, para mantan pejabat Pemprovsu dan para pengurus forum strategis di Sumut. Deklarasi disampaikan di tengah acara buka puasa ini terasa sangat bermakna.

Adapun isi deklarasi ‘Kami Indonesia, Kami Pancasila’ antara lain, Pancasila Itu Jiwa dan Raga Kita, ada di aliran darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara. Kami Indonesia, Kami Pancasila. Pancasila Itu Dasar Bernegara Kita, Falsafah Rakyat Indonesia, Cita-cita Luhur Pahlawan Bangsa. Kami Indonesia, Kami Pancasila.
Kami Umat Beragama, Kami Suku Bangsa, Kami Rakyat Sumatera Utara, Kami Menolak Ideologi selain Pancasila, Radikalisme dan Narkoba Musuh Kami Bersama. Kami Indonesia, Kami Pancasila. (sbc-04)




Tinggalkan Balasan