Search
Selasa 27 Juni 2017
  • :
  • :

Panaskan Makanan Sisa, Amankah untuk Sahur?

Starberita – Jakarta, Seringkali menu buka puasa dan makan malam masih banyak tersisa. Biasanya, agar tidak terbuang, banyak ibu-ibu yang menyiasatinya dengan cara dipanaskan saat sahur.

Makanan di malam hari yang tersisa biasanya dihangatkan kembali untuk dikonsumsi saat sahur. Namun, banyak yang mengatakan, makanan yang dipanaskan secara berulang kali kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Ternyata, proses menghangatkan tersebut masih dibolehkan. Selama makanan tersebut belum berusia 24 jam, masih aman untuk dihangatkan kembali.

“Makan malam yang dijadikan sahur itu masih boleh dihangatkan, selama makanan tersebut tidak melebihi waktu 24 jam. Paling mungkin, jeda dari makan malam ke sahur itu sekitar delapan jam. Itu masih diperbolehkan,” ungkap ahli gizi Rita Ramayulis DCN MKes.

Menurutnya, jangka waktu yang belum melebihi 24 jam tersebut masih memungkinkan makanan untuk dikonsumsi. Selain itu, usahakan agar makanan tidak dipanaskan dalam suhu yang kelewat tinggi.

“Kalau bisa dihangatkan kembali dalam suhu yang kecil saja, jadi tidak begitu tinggi dan tidak dalam waktu lama,” kata dia.

Beberapa jenis makanan tertentu juga sebaiknya dihindari untuk dipanaskan kembali. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada zat berbahaya yang dihasilkan jika dipanaskan kembali.

“Seperti bayam dan sayuran bening, sebaiknya jangan dipanaskan lagi. Untuk yang paling stabil dipanaskan yaitu makanan jenis santan,” ucapnya menambahkan. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan