Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Ombudsman akan Melakukan Investigasi Kasus Manggamat

Starberita – Medan, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh akan melakukan investigasi terkait dugaan kasus pendangkalan sungai dan banjir di Kecamatan Manggamat, Aceh Selatan.

“Mungkin nantinya kita akan memberikan saran/rekomendasi kepada Pemerintah Aceh untuk melakukan review izin yang ada di Manggamat tersebut sebelum menimbulkan bencana besar,” sebut Ketua Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Taqwaddin belum lama ini.

Menurut hasil investigasi dari kawan-kawan lembaga jaringan, ada dugaan bahwa perusahaan disana (Manggamat) belum mempunyai Amdal. Sehingga nanti Ombudsman akan memanggil semua pihak terkait menyangkut masalah ini.

“Ada dugaan Maladministrasi yang terjadi disini dan dikhawatirkan kedepan membawa sisi negatif seperti rusaknya sarana jalan, kantor pemerintahan, dan lain lain akibat dari banjir tersebut yang akhirnya mengganggu pelayanan kepada publik,” jelas Taqwaddin.

Ia juga mengatakan, selama ini banyak masuk laporan kepada Ombudsman RI Perwakilan Aceh terkait galian C yang juga merusak lingkungan dan fasilitas publik, seperti di Abdya dan Aceh Utara.

“Lokasi galian C berada di dekat jembatan dan bendungan, inikan sangat bahaya walaupun pertambangan skala kecil,” paparnya.

Sementara itu, Program Manajer Jaringan Monitoring Tambang dan Pelestarian Alam (JMT-PELA), Susilo Laharjo mengatakan, seperti diberitakan di media selama ini, Manggamat harus segera di selamatkan sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Susilo pun menyebutkan agar Manggamat menjadi pelajaran penting kepada Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Daerah lainnya ke depan untuk lebih berhati-hati dalam mengeluarkan izin untuk perusahaan apapun. (sbc-04)




Tinggalkan Balasan