Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :

Ketua TP-PKK/Dekranasda Tebing Tinggi Dilantik

Starberita – Tebing Tinggi, Ketua TP-PKK/Dekranasda Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Evi Diana Erry Nuradi melantik Ketua TP-PKK/Dekranasda Kota Tebing Tinggi Sri Kurnia Ningsih Umar, di Gedung Sawiyah Nasution Kota Tebingtinggi, Rabu (31/5/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Evi Diana juga mengukuhkan Sri Kurnia sebagai Ketua Dekranasda Kota Tebingtinggi.

Gubsu, Tengku Erry Nuradi berpesan agar kedepannya TP PKK Tebingtinggi meningkatkan kemitraan dengan berbagai lembaga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera.

Dalam kegiatan pelantikan tersebut, Gubsu sekaligus Pembina TP-PKK/Dekranasda Provinsi, menyampaikan kepada Ketua TP-PKK/Dekranasda Tebing Tinggi agar lebih meningkatkan kemitraan dengan berbagai badan/instansi/lembaga terkait selaku anggota pembina sesuai bidang, tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) untuk mendukung gerakan seupuluh program pokok PKK sebagai inti dari tiga pilar utama pemberdayaan masyarakat yaitu, pilar ekonomi keluarga, kesehatan keluarga dan pendidikan keluarga.

“Kepada Walikota/Wakil Walikota selaku pembina agar lebih meningkatkan lagi kepeduliannya terhadap gerakan PKK secara sungguh-sungguh,” pesan Gubernur yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Aspan Sopian Batubara.

Selanjutnya pesan Gubernur, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) adalah wadah berhimpunnya pemangku kepentingan seni dan kerajinan. Menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru, menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni pemerhati kerajinan bagi kehidupan sehari-hari.

“Bagaimana meningkatakan kualitas dan kreativitas perajin dalam rangka meningkatkan daya saing produk kerajinan di daerah menghadapi persaingan global. Juga harus kuat mempromosikan hasil kerajinannya melalui kegiatan pameran,” kata Erry.

Dikatakannya, bahwa pada 2018 mendatang, Sumut ditunjuk oleh Badan Asosiasi Aksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) menjadi ikon inacraft ke-20, di Jakarta Convention Centre (JCC).

Dirinya berharap Sumut menampilkan produk kreatif berkualitas dan seni budaya pada sejumlah kegiatan di dalamnya seperti workshop, seminar, inacraft award, inacraft magazine bahkan pojok kuliner.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut, Evi Diana Erry Nuradi menyampaikan kepada Ketua TP-PKK/Dekranasda Kota Tebing Tinggi Sri Kurnia Ningsih Umar agar pengalaman selama lima tahun sebelumnya dijadikan motivasi untuk meningkatkan pengetahuan sesuai perkembangan dinamika masyarakat yang semakin maju dan penuh kritis.

“Dalam membuat program kerja, hendaknya menggunakan system perencanaan dari bawah (bottom up), dengan memperhatikan aspirasi dan potensi yang ada, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Awalilah setiap pekerjaan dengan perencanaan yang baik, karena kegagalan dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan,” pesannya.

Dirinya menekankan pentingnya supervise, monitoring, evaluasi dan melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan kepada TP-PKK/Dekranasda Provinsi, termasuk Pembina TP-PKK/Dekranasda Tebing Tinggi.

Sementara, Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan bahwa momentum pelantikan tersebut merupakan titik awal sebuah proses menuju masyarakat yang lebih baik, sejahtera dan makmur. Bagaimana mengurangi kemiskinan, menjalani hidup dengan tata laksana yang baik serta prilaku hidup sehat.

“Bagaimaan menjadikan para ibu terampil, pendamping suami yang kreatif dan memberikan kontribusi bagi pemangunan Kota Tebing Tinggi. Demikian juga Dekranasda, yang bertujuan meningkatkan perekonomian dan UMKM di masyarakat,” sebut Umar seraya berharap dengan pelantikan TP-PKK/Dekranasda Tebing Tinggi ini, semua komponen terkait untuk saling bergandeng tangan, merangkul dan menjadikan kota ini kondusif. (sbc-04)




Tinggalkan Balasan