Search
Kamis 29 Juni 2017
  • :
  • :

Puasa, Ini Tips Obati Sariawan

Starberita – Jakarta, Di bulan ramadhan, seluruh umat Muslim di Dunia akan menjalankan Ibadah Puasa selama satu bulan penuh. Selama puasa jika kita tidak mampu menyeimbangkan konsumsi makanan pada saar sahur dan berbuka. Maka tubuh akan mudah kekurangan cairan. Hingga akhirnya timbul berbagai masalah kesehatan seperti bibir pecah-pecah, tenggorokan kering dan sariawan.

Sariawan adalah salah satu kondisi dimana terbentuknya selaput lendir yang berupa bercak putih dan permukaannya cekung. Biasanya kondisi yang satu ini akan terjadi dan menyerang mulut, seperti mulut bagian dalam, gusi, pipi bagian dalam, lidah dan langit langit di dalam rongga mulut.

Sariawan memang bukan kondisi yang mematikan. Namun, kondisi seperti ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderita dan akibatnya puasa yang dijalankan akan terganggu. Bukan hanya itu, sariawan pada saat berpuasa juga bisa menyebabkan timbulnya bau mulut.

Pada saat berpuasa biasanya sariawan akan mudah muncul akibay kurangnya hygiene mulut. Selain itu, bisa juga akibat mulut kering, luka akibat gigitan, kekurangan vitamin C, alergi, dan konsumsi makanan serta minuman panas. Tetapi, tidak perlu khawatir bagi anda yang saat ini mempunyai masalah dengan sariawan pada saat berpuasa bisa coba tips yang akan kami berikan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sariawan pada saat berpuasa:

Berkumur Dengan Menggunakan Air Garam
Cara pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi sariawan pada saat berpuasa adalah berkumur degan air garam. Lakukan cara ini setiap sahur dan berbuka agar tidak ada bakteri masuk ke dalam luka sariawan selama menjalankan puasa.

Perbanyak konsumsi Vitamin C
Jika sariwan yang terjadi akibat kurang vitamin C. Maka, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung Vitamin C. Agar sariawan yang di alami bisa cepat pulih dan anda bisa kembali berpuasa dengan kondisi yang sehat.

Perbanyak minum air putih

Sudah jelas menurut para ahli kesehatan menyebutkan bahwa dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas/hari. Biasa anjuran yang satu ini dilupakan begitu saja pada saat berpuasa dan biasanya lebih banyak konsumsi minuman berasa dan dingin. Karena itulah, untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan pada saat berpuasa pastikan anda memperbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas/hari.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati sariawan pada saat berpuasa. Selamat mencoba, semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan