Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :

Jalan Penghubung Tiga Provinsi di Sumatera Rusak Berat

Starberita – Palembang, Jalan lintas Sumatera – yang menghubungkan tiga Provinsi, yakni Sumatera Selatan, Jambi dan Lampung saat ini rusak berat. Kerusakan parah berada di perbatasan antara Palembang dan Kabupaten Banyuasin, serta perbatasan Banyuasin dan Musi Banyuasin (Muba).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V (BBPJN) Palembang, Zamharir Basuni, mengungkapkan kerusakan jalan tersebut disinyalir lantaran beban kendaraan yang lewat melebihi kapasitas jalan, hingga menyebabkan kerusakan.

Dari 1.600 kilometer jalan nasional di Sumatera Selatan, 10 persen mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan ringan hingga berat.

“Sumsel mengalami tingkat pertama kerusakan dari dua provinsi yang kita kelola yakni Lampung dan Bangka Belitung. Ini karena kendaraan yang lewat terlalu berat,” kata Zamharir, Rabu (31/5/2017).

Dilanjutkan Zamhir,  Provinsi Lampung dari 1.290 kilometer jalan nasional, tingkat kerusakan hanya 8 persen. Sedangkan Bangka Belitung dari 600 kilometer jalan nasional, hanya 2 persen mengalami kerusakan.

Kerusakan semakin parah lantaran kurangnya perawatan jalan akibat pemangkasan anggaran. “Dampak efisiensi juga ada. Karena biaya proses perawatan jalan berkurang,”  ujarnya.

Pada tahun 2016 lalu, Sumatera Selatan dianggarkan Rp1,5 triliun untuk biaya perawatan jalan. Namun, kini dipangkas menjadi Rp 1,17 triliun.

Sedangkan anggaran untuk perbaikan dan pembangunan jalan tahun 2017 di wilayah Lampung sekitar Rp570 miliar sementara Babel sebesar Rp185 miliar.

“Jadi kami harus menentukan dimana dulu jalan yang jadi prioritas diperbaiki dan pembangunan, tidak seluruhnya,” kata Zamhir. (sbc-03/vnc)

 




Tinggalkan Balasan