Search
Jumat 18 Agustus 2017
  • :
  • :

Berbuka Puasa, Jangan Konsumsi Sirup & Minuman Kemasan

Starberita – Jakarta, Saat berbuka, merupakan waktu yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Minuman segar menjadi yang paling dicari di waktu ini. Namun, bagi yang masih peduli kesehatan saat berbuka, ada sedikit tips untuk memilih minuman yang sehat untuk membatalkan puasa Anda,

Health and Nutrition Educator Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi, menyarankan untuk memilih minuman yang less sugar atau memiliki kandungan gula rendah. Minuman dengan kadar gula rendah baik dikonsumsi, agar tidak terjadi lonjakan kadar gula darah (sugar rush) saat berbuka puasa.

Namun, jika Anda ingin tetap memilih minuman manis, ada baiknya meneguk minuman berbahan dasar buah namun bukan sirup. “Sebaiknya minuman yang less sugar atau fruit based, hindari sirup,” kata Aldis.

Ia menambahkan, jika Anda memang ingin mengonsumsi sirup, sebaiknya dicampur dengan buah, atau sekalian konsumsi saja sop buah. Itu lebih baik, ketimbang mengonsumsi minuman dengan sirup varian buah.

“Buah itu tetap memiliki rasa manis. Tak hanya itu, dia juga punya serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Ada tambahan nutrisi lain yang lebih berkualitas di dalamnya,” ucap Aldis.

Ada baiknya pula, saat berbuka puasa hindari minuman manis kemasan, atau botolan. Menurut Aldis, minuman tersebut diklaim memiliki kadar gula tinggi, yakni hingga 7,5 sendok teh per botol. Padahal, batas konsumsi gula per hari maksimal adalah 12 sendok teh. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan