Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Puasa, Makanan Ini Jaga Lapar & Haus

Starberita – Jakarta, Saat ini kita memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang suci bagi umat yang beragama Islam di seluruh dunia. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam di seluruh dunia melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Apakah Anda merasa sudah makan banyak disaat sahur tetapi di pagi hari sudah merasakan lapar dan lemas saat melakukan aktifitas. Pada saat berbuka, Anda hanya makan sedikit tetapi perut Anda terasa begah dan membuat Anda malas untuk melakukan ibadah lainnya seperti solat dan teraweh.

Masalah ada pada pemilihan makanan yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka. Cepat merasakan lapar dan lemas bukan dari banyaknya makanan yang Anda santap saat sahur dan berbuka melainkan jenis makannya.

Sebagian besar orang membuat kesalahan umum ini yaitu dengan menyantap makanan kaya akan kalori untuk sahur dan juga berbuka. Makanan ini sebenarnya buruk, karena tidak hanya menambahkan kalori untuk tubuh Anda tetapi juga menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya seperti asam lambung, mual dan bahkan diabetes.

Dalam artikel ini saya akan membagikan tips kepada Anda tentang makanan apa saja yang baik untuk Anda konsumsi dan apa yang tidak baik untuk Anda konsumsi selama bulan puasa ini.

Makanan Yang Baik

  1. Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan serat dan karbohidrat. Membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lama.

  1. Kurma

Konsumsi 1-2 buah kurma saat sahur dan juga berbuka puasa sangat penting, karena kaya akan fruktosa alami dan kaya serat yang membantu menjaga kadar gukosa Anda selama bulan puasa.

  1. Buah dan sayuran

Konsumsi salad sayuran dan buah saat sahur membantu tubuh mendapatkan asupan air, mitamin, kalsium dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

  1. Nasi

Nasi mengandung karbohidrat kompleks yang membantu Anda tidak mudah merasakan lapar untuk jangka waktu yang lama.

  1. Daging tanpa lemak

Konsumsi daging tanpa lemak saat sahur membantu proses metabolisme tubuh Anda saat berpuasa.

  1. Air

Minum segelas air adalah sesuatu yang wajib Anda lakukan sebelum memulai makan. Ini membantu Anda menghidrasi tubuh dan juga membantu meredamkan rasa haus selama berpuasa.

Makanan Yang Tidak Baik

  1. Makanan terlalu manis dan rendah nutrisi

Banyak makanan bergula saat berpuasa membuat Anda mudah haus dan mudah kembung.

  1. Kafein

Minum terlalu banyak kafein seperti kopi atau soda saat sahur dan berbuka itu sangat buruk. Karena dapat mendehidrasi tubuh dan membuat Anda merasa mudah lesu.

  1. Gorengan

Banyak konsumsi gorengan saat sahur membuat Anda mudah haus di siang hari.

  1. Makanan asin dan pedas

Konsumsi makanan asin dan pedas membuat kadar natrium dalam tubuh menjadi tidak seimbang saat berpuasa. Membuat Anda sangat mudah merasa haus di siang hari.

Berikut tadi makanan yang wajib Anda konsumsi dan yang sebaiknya Anda hindari saat menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa bagi yang menjalankan. (sbc-02/vnc)

 

 

 




Tinggalkan Balasan