Search
Minggu 5 April 2020
  • :
  • :

Belum Tentu Tubuh Gemuk Identik dengan Gizi Cukup

Starberita – Jakarta, Dokter spesialis gizi dari Grup Rumah Sakit Pondok Indah, Diana F Suganda, menyebutkan gizi buruk pada orang dewasa lebih sulit dikenali dibanding pada anak-anak.

Pada anak dapat terlihat pada tubuh yang sangat kurus dan terlihat kurang berenergi, namun pada orang dewasa tanda – tanda tersebut tidak lagi berlaku.

“Gizi buruk pada orang dewasa tidak hanya ditandai dengan berat badan yang terlalu rendah, melainkan juga pada mereka yang memiliki berat badan berlebih,” kata Diana.

Gizi yang buruk itu, kata Diana, namanya malnutrisi. “Mal artinya kesalahan atau keanehan. Jadi yang mengalami gizi buruk itu bisa under weight juga bisa over weight. Keduanya menjadi tanda gizi yang tidak bagus. Karena yang bagus itu yang normal weight,” ujar Diana.

Gizi buruk ini juga dapat dilihat dari indeks massa tubuh dengan cara membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda. Angka indeks massa tubuh normal untuk kawasan Asia Pasifik adalah 18,5 – 22,9.

“Jadi kalau untuk dewasa dihitung dari indeks masa tubuh. Yang normal itu 18,5 – 22,9 untuk Asia Pasifik. Kalau indeksnya 23 – 24,9 itu berat badan berlebih. Nah diatas 25 – 30 itu obesitas grade 1. Kalau dibawah 18,5 – 17 itu KEP (Kurang Energi Protein) atau malnutrisi ringan. 17-16 malnutrisi sedang. Nah di bawah 16, itu sudah tulang belulang itu udah malnutrisi berat,” ujarnya. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan

error: