Search
Kamis 27 Juli 2017
  • :
  • :

Pemkab Pidie Tinjau Harga Bahan Pokok

Starberita – Sigli, Sepekan menjelang bulan Ramadhan (puasa) harga kebutuhan pokok di sejumlah pusat pasar ibukota kecamatan di Kabupaten Pidie, tidak bergolak alias stabil.

Sementara stok beras melebihi kebutuhan pasar, bahkan di gudang Bulog Sigli, masih cukup penuh. Disamping, petani baru menghadapi panen raya cukup bagus kualitasnya

Menghadapi bakal terjadinya gejolak harga pangan ini, Kepala Dinas Perindustrian/Perdagangan Propinsi Aceh, turun kelapangan didampingi Kepala Dinas Perindustrian/Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Pidie, Haji Mansur serta Ka Bulog Sigli.

Turunnya pejabat yang menyangkut permasalahan kenaikan harga kebutuhan pokok ini, tidak lepas daro hampir setiap menjelang bulan puasa seluruh kebutuhan pokok naik drastis  Namun, hingga Jumat (18/5/2017) petang kemarin harga kebutuhan pokok masih stabil aluas tidak ada kenaikam berarti, sehingga tidak meresahkan masyarakat.

Kadis Perindustrian/Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Pidie, Mansur menyebutkan, pihaknya sudah memantau ke sejumlah pusat pasar di Kabupaten Pidie, bersama Kadis Perindustrian/Perdagangan Aceh, Asmauddin,

Lanjutnya, seusai neninjau harga pasar, juga langsung meninjau Gudang Bulog Sigli. Dari dua gudang Bulog tersebut, terlihat stok beras melebihi dari cukup. Apalagi, puluhan ribu petani di Pidie baru saja panen raya.

Menurut Mansur, hampir seluruh kebutuhan pokok, baik harga gula pasir, minyak goreng, telur ayam Australia, beras, kelapa, tepung ,terigu, dan sebagainya masih cukup stabil harganya, hanya tomat naik perkilogram Rp4.000 dari harga Rp8.000.

Sedangkan, bawang merah dan cabai merah mengalami kenaikan Rp3.000.perkilogram, atau jauh turun harganya dibandingkan tahun tahun sebelumnya.

Kadis Perindustrian/Perdagangan dan Koperasi Pudie ini mengakui pihaknya bersama tim perekonomian dari Polres Pidie, turut memantau harga pasar. Dan, mengingatkan para tengkulak tidak memainkan harga barang.

Ia juga menambahkan, persoalan kenaikan harga barang disaat bulan Ramadhan, kini juga dipantau oleh anggota DPD RI, asal daerah Aceh  Termasuk, Haji Uma yang datang ke Kantor Dinas Perdagangan/Perindustrian Pidie, baru-baru ini.

Dari pantauan wartawan disejumlah pusat pasar ibukota kecanatan dan kota kabupaten di Pidie, dua hari belakangan ini tidak ada gejolak harga dari kebutuhan pokok. Baik,cabai merah, sayur mayur, serta ikan basah. Dari jebutuhan pokok ini, ikan tergolong cukup murah. (sbc-03/ach)




Tinggalkan Balasan