Search
Senin 29 Mei 2017
  • :
  • :

Pemkab Karo & BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama

Starberita – Kabanjahe, Pelaksanaan kepesertaan program jaminan kesehatan nasional bagi penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah Kabupaten Karo kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, program pelayanan kesehatan kepada masyarakat menjadi perhatian serius Pemkab Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana saat penandatanganan (MoU) dengan BPJS Kesehatan Cabang Kaupaten Karo, Jumat (19/5/2017) di aula kantor Bupati Karo mengatakan tujuan MoU ini, tentunya untuk mempermudah cakupan pelayanan kesehatan dan memperluas cakupan kepesertaan JKN – Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Karo.

Bupati mengingatkan, dengan adanya pelayan yang semakin dekat dan rakyat sehat, semoga kedaulatan kesehatan masyarakat Karo bisa lebih terjamin. Salah satunya menyediakan banyak alternatif rumah sakit rujukan, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik.

“Perspektif masyarakat bahwa rumah sakit itu mahal, tetapi dengan adanya jaminan dari JKN-KIS tidak perlu kuatir lagi untuk berobat ke Rumah Sakit swasta,” tuturnya.

Menurut Bupati, kemitraan BPJS agar selalu bersinergi dan melakukan komunikasi yang lebih terarah dengan semua komponen masyarakat.

“Dengan adanya sinergi, pemahaman tentang pentingnya BPJS dapat dipahami secara utuh. Untuk SKPD terkait agar memasukan data yang valid, demikian pula untuk para camat dan kepala desa harus mendata warga yang wajib mendapatkannya, jangan ada yang terlewatkan,” ungkap bupati.

Terkelin menegaskan, tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung program ini harus mengacu pada tiga aspek penting, yakni perluasan cakupan kepesertaan, penegakan regulasi nasional serta peningkatan kualitas pelayanan.

Sementara, Kepala BPJS kesehatan cabang Kabupaten Karo Manna S, berterimakasih kepada Pemkab Karo terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun program terbaru Kartu Indonesia Sehat (KIS) selama ini.

“Dalam rangka optimalisasi Pelaksanaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) yang sejalan dengan intruksi presiden nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat melalui perwujudan peningkatan aktifitas fisik bagi peserta JKN – KIS, kita menggelar gebyar PROLANIS secara serentak seluruh Indonesia kabupaten/kota maka daerah Kabupaten Karo mengadakan kegiatan tersebut saat sekarang ini berupa, senam Prolanis (peserta para lansia), acara edukasi kesehatan, pemeriksaan KGD di halaman kantor Pemkab Karo, terlaksana berkat dukungan Bupati Karo,” jelas Manna.

Ditambahkannya, bahwa masing masing peserta Prolanis telah terdaftar dalam FKTP Mitra BPJS kesehatan yang lebih kurang peserta sebanyak 400 orang. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan