Search
Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Peran Keluarga Dibutuhkan Bentuk Karakter Anak

Starberita – Tobasa, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan Tingkat Kabupaten di Aula Hotel Sumatera, Jalan Muliaraja Nomor 5 Balige, Kamis (18/5/2017).

Penyelenggaraan kegiatan dilatarbelakangi pentingnya peran keluarga dalam pembentukan karakter anak. Pentingnya kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat dalam membangun iklim yang kondusif demi teraktualisasinya potensi anak secara optimal.

“Inilah yang melatarbelakangi Bimtek Penguatan Penyelenggaran Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan ini dilaksanakan,” jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tobasa Parlinggoman Panjaitan, pada hari pertama pembukaan bimtek. Karena menurut jadwal, bimtek akan berlangsung tiga hari, mulai Kamis (18/5) sampai Sabtu (20/5).

Parlinggoman menjelaskan, tujuan umum kegiatan, adalah mempersiapkan pelaku pendidikan keluarga yang handal untuk nantinya dapat ditugaskan mendampingi atau memfasilitasi dan menjadi narasumber pada kegiatan bimtek dan penguatan pelaku penyelenggara pendidikan keluarga di Satuan Pendidikan Kabupaten Tobasa.

Tujuan khusus, memahami kebijakan teknis pelibatan keluarga dan masyarakat di Satuan Pendidikan. Memahami pelaksanaan pertemuan wali/guru kelas dengan keluarga. Memahami pelaksanaan kelas keluarga, kelas inspirasi, pentas akhir tahun, memahami pentingnya pengasuhan positif dan lain-lain.

Hasil yang diharapkan, kemampuan peserta sebagai penyelenggara kegiatan bimtek dan penguatan pelaku pendidikan keluarga yang akan dilaksanakan ditingkat kabupaten, kemampuan sebagai anggota masyarakat untuk menjadi teladan, dapat meningkat dan ada perubahan sosial yang lebih baik di masyarakat.

“Itu sebabnya ruang lingkup kegiatan ini difokuskan pada pengasuhan anak, berbagi praktik, teknik fasilitasi, praktek fasilitasi, refleksi, evaluasi dan rencana tindaklanjut,” ujarnya.

Hadir pada kegiatan ini, sebagai narasumber, Sugianto dan Ibu Nani dari Kemendikbud, Firman Sinurat, Ruminta Tambunan (Fasilitator pusat dan daerah). Falmer Sius Lumbangaol dan Lenni Arta Sinaga (Narasumber daerah).

Peserta kegiatan bimtek ini berjumlah 60 orang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Tobasa, Kepala TK/PAUD, Kepala sekolah SD/SMP/SMA/SMK/SLB dan lainnya. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan