Search
Rabu 20 September 2017
  • :
  • :

Bikin Cerdas, Menteri Susi Seru Banyak Makan Ikan

Starberita – Medan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti mengimbau agar masyarakat giat makan ikan, selain rasanya nikmat juga mengandung protein yang tinggi, sehingga bisa mencerdaskan masyarakat.

Berdasarkan data, menjelang akhir 2014 memasuki awal 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, untuk konsumsi ikan Nasional sebanyak 36 kilogram.

“Saat ini, tercatat mencapai 43 kilogram lebih, jadi belum mencapai 44 kilogram, sedangkan kami menargetkan menjadi 46 kilogram,” kata Susi, Jumat (19/5/2017).

Susi menjelaskan, jika dihitung dari 36 kilogram ke 43 kilogram sudah ada kenaikan sebanyak 7 kilogram kurang lebihnya.

“Jadi kalau 7 kilogram dikali 250 juta orang, berarti jumlahnya 1.750.000.000 ton, kira-kira itu untuk tambahan ikan yang dikonsumsi,” tambahnya.

Susi meyakini, hal itu sangat mungkin terjadi karena stok ikan kita juga naik dan akan mudah dilakukan, tetapi pemerintah harus menjamin stok ikan tetap ada dan banyak.

“Selain itu, pemerintah juga harus menjamin tangkapan ikan juga harus banyak dan harganya terjangkau,” papar Susi.

Kalau konsumsi ikan naik, maka kualitas manusianya juga akan lebih baik, sementara kalau dilihat kebiasaan masyarakat untuk mengonsumsi ikan di angka 43 kilogram, menurut Susi itu masih rendah.

“Kalau 43 kilogram itu, hitungannya sama duri, jadi Indonesia masih mengalami kekurangan, seharusnya yang ideal 60 kilogram,” pungkas Susi. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan