Search
Sabtu 21 Oktober 2017
  • :
  • :

Untuk Kesehatan, Ini Efek Samping Daging Kambing

 

Starberita – Jakarta, Daging kambing adalah salah satu jenis daging merah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Bahkan di beberapa negara seperti India dan meksiko telah mengkonsumsi daging kambing sejak berabad-abad lamanya. Ini menandakan bahwa daging kambing merupakan makanan yang difavoritkan.

Berbicara tentang daging kambing, sebenarnya rasanya sangatlah nikmat ketika dimakan. Apalagi diolah menjadi sate, gulai, sup, atau beragam olahan kuliner lainnya, pasti akan sulit untuk menolaknya. Akan tetapi ada juga yang tidak suka makan daging kambing, hal ini karena kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi, yang bisa membuat tekanan darah menjadi naik secara drastis dan juga dapat menambah berat badan lebih cepat.

Daging kambing memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan daging ini sangat cocok bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah. Akan tetapi, daging kambing juga memiliki efek samping. Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping daging kambing untuk kesehatan:

Manfaat daging kambing

  1. Sumber antioksidan

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa daging kambing merupakan sumber antioksidan. Daging kambing merupakan sumber selenium yang cukup besar, total ada 38.0 mcg atau 54% kebutuhan harian. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak.

  1. Sumber energi yang cukup besar

Daging kambing juga merupakan sumber energi yang cukup banyak atau besar. Jika anda ingin agar aktivitas anda memiliki energi yang melimpah, konsumsilah daging kambing agar asupan energi terpenuhi dengan baik. Sedangkan kandungan kalori, lemak, dan protein di dalamnya akan membantu menjaga kebugaran tubuh dan tubuh tetap fit.

  1. Kesehatan mental

Mental sangatlah perlu dijaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan mental juga perlu bantuan makanan sehat, seperti daging kambing. Kandungan vitamin B12 dalam daging kambing ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental. Selain itu juga dapat meningkatkan energi.

  1. Pembentukan otot

Pembentukan otot dalam tubuh memang perlu diperhatikan. Untuk membantu pembentukan otot, anda dapat memanfaatkan daging kambing. Kandungan protein dalam daging kambing sangatlah besar. Sehingga sangat baik untuk pembentukan otot tubuh.

  1. Mencegah anemia

Anemia atau penyakit darah rendah sebenarnya bisa anda cegah, yaitu dengan memanfaatkan daging kambing. Daging yang masuk dalam kategori daging merah ini memiliki kandungan yang dapat membantu menaikkan tekanan darah bagi anda yang mengalami anemia. Akan tetapi jangan berlebihdan dalam mengkonsumsinya.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daging memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tercatat per 100 gram dapat memenuhi 26 % kebutuhan harian zat besi tubuh kita. Tentunya sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh anda.

  1. Menjaga sistem saraf

Kandungan yang terdapat dalam daging kambing juga sangat baik untuk kesehatan saraf.  Daging kambing mengandung vitamin B12, yaitu 74% dari kebutuhan harian per 100 gr konsumsi. Dengan mengkonsumsi daging kambing secara rutin, maka akan terpenuhi vitamin B12 dalam tubuh dan sistem saraf akan terjaga kesehatannya.

  1. Meningkatkan HDL

HDL sangatlah penting untuk tubuh kita. Untuk meningkatkan HDL, anda bisa memanfaatkan daging kambing. Kandungan niacin (Vitamin B3) dalam daging kambing dapat membantu meningkatkan HDL dalam darah. Sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir dengan lemak jahat dalam darah anda. Konsumsilah daging kambing secara rutin.

  1. Kesehatan tulang

Agar terhindar dari penyakit osteoporosis, kesehatan tulang harus lah selalu dijaga dengan baik. Untuk menjaga kesehatan tulang, konsumsilah daging kambing secara rutin. Kandungan phosphorus sebesar 272 mg dalam 100 Gr daging kambing atau 27% kebutuhan harian, dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

 

Efek samping daging kambing

  1. Gangguan pencernaan

Daging kambing juga memiliki efek samping, salah satunya yaitu dapat mengganggu sistem pencernaan. Gangguan pencernaan bisa disebabkan karena adanya pengosongan lambung. Sebab, kandungan lemak yang ada pada kambing tertimbun berlebihan di lambung. Biasanya penderita akan merasakan panas di dada atau heartburn. Oleh sebab itu jangan berlebihan mengkonsumsinya.

  1. Ulu hati sakit

Anda juga bisa mengalami sakit pada ulu hati apabila mengkonsumsi daging kambing berlebihan. Biasanya seseorang akan merasakan merasakan pusing, mulut terasa pahit, sampai merasa ulu hatinya sakit ketika mengkonsumsi daging kambing berlebihan. Mereka berpikiran bahwa jantung sedang dalam keadaan yang tidak baik. Namun sebenarnya tubuh sedang terjadi aliran balik dari lambung ke kerongkongan. Bahkan dari beberapa kasus sampai menjadi sebab datangnya penyakit sesak napas.

  1. Bahaya obesitas

Obesitas adalah salah satu penyakit yang berbahaya jika dibiarkan. Salah satu penyebab obesitas adalah karena mengkonsumsi daging kambing berlebihan. Kandungan lemak jahat yang terdapat dalam daging kambing sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Jika penimbunan lemak tersebut berada pada kawasan pembuluh darah, resiko lain yang muncul adalah penyempitan pembuluh darah. Jika dibiarkan saja, maka akan dapat berujung munculnya penyakit kardiovaskular.

  1. Resiko kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi daging kambing berlebihan. Daging kambing memiliki kandungan kolesterol yang bahkan mencapai 39 mg pada setiap 100 gram. Meski tergolong kalah tinggi dari pada kolestrol sapi, keadaan ini juga perlu anda perhatikan. Sebab, hal ini dapat memicu kolesterol yang sudah ada dalam tubuh. Bahkan yang memiliki kadar koleseterol normal pun bisa beresiko penyakit kardiovaskular jika mengkonsumsi daging kambing berlebihan.

5. Penyakit jantung

Jantung adalah bagian organ tubuh yang sangat penting. Jagalah kesehatan jantung dengan mengurangi konsumsi daging kambing. Sebab, daging kambing dapat menyebabkan penyakit jantung jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak hewan yang banyak di dalamnya. Hal ini memicu penimbunan lemak, bahkan sampai ke pembuluh darah. Biasanya kepala akan sering pusing karena terjadi aliran darah yang harusnya sampai ke otak terhalang oleh pembuluh darah.

  1. Berbagai penyakit, terutama kardiovaskular

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa daging kambing bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit apabila dikonsumsi berlebihan, terutama penyakit kardiovaskular. Kandungan lemak pada daging kambing memang banyak. Apalagi jumlah kadar lemak jenuh LDL yang cukup besar memang tidak baik untuk tubuh. Jika tubuh sudah tak mampu mengontrol lemak yang berlebihan, maka bisa timbul penyakit fatal seputar kardiovaskular. Seperti arterosklerosis, penyumbatan di pembuluh darah, jantung koroner, dan lain sebagainya. Kurangilah konsumsi daging kambing.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Daging Kambing untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan