Search
Selasa 30 Mei 2017
  • :
  • :

Turunkan Kolesterol dengan Cara Alami & Mudah

Starberita ā€“ Jakarta, Kolesterol yang tinggi memang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Jika tidak segera ditangani dengan baik, meningkatnya kolesterol dalam tubuh bisa menjadi masalah yang besar yang dapat mengganggu kesehatan.

Ada banyak hal yang menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Dan pada umumnya adalah karena pola hidup yang tidak sehat dan pola makanan yang sembarangan serta tidak memperhatikan kandungan yang ada.

Pola hidup yang sehat itu sangat penting, sebab dengan pola hidup sehat, kesehatan tubuh kita akan selalu terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit serta gangguan kesehatan seperti meningkatnya kadar kolesterol.

Jika sudah terlanjur kolesterol dalam tubuh meningkat, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkannya. Cara ini alami, aman, dan tentunya efektif untuk menurunkan kolesterol. Berikut ini beberapa cara alami dan mudah untuk turunkan kolesterol yang tinggi:

  1. Melalui diet dan perubahan gaya hidup

Dalam proses pembakaran atau penurunan kolesterol, seseorang harus melalui program diet dan perubahan gaya hidup yang sehat. Mulai dari hari awal diet sampai satu minggu kedepan, makanan yang dikonsumsi pun dianjurkan yang dapat menurunkan kolesterol.

Dimulai dari step 1 diet, yang mengandung penurunan total lemak dalam makanan kurang lebih 30% dari kalori yang dimakan, lemak jenuh kurang lebih 10% kalori, dan kolesterol kurang lebih 300mg/dl per hari. Jika step 1 gagal, lakukanlah step 2 diet, yakni mengurangi 7% dari total kalori dan kolesterol sampai 200mg/dl per hari. Jika dalam 6 bulan tidak berhasil, maka disarankan konsumsi obat.

  1. Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran sangatlah baik untuk kesehatan. Berbagai macam buah dan sayuran juga dapat menurunkan kolesterol secara efektif. Pilihlah macam buah seperti delima, jeruk, anggur, serta buah zaitun untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Buah dan sayuran kaya akan antioksidan dan merupakan serat tinggi yang bagus untuk melarutkan lemak dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Anda bisa membiasakan mengkonsumsi buah dan sayur dengan menjadikannya sebagai pengganti cemilan sehari-hari.

  1. Konsumsi teh hijau

Pilihlah teh hijau untuk menghangatkan pagi hari anda. Dengan mengkonsumsi teh hijau ini bukan hanya membuat badan terasa enak dan bersemangat, tapi juga mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Konsumsilah teh hijau secara rutin setiap paginya. Dengan mengkonsumsi teh hijau rutin, kolesterol dalam tubuh anda akan secara perlahan turun.

  1. Rajin olahraga

Olahraga juga sangat penting dalam dunia kesehatan. Tanpa olahraga bisa membuat tubuh terasa lemas dan tidak bersemangat. Olahragalah secara rutin setiap harinya, tidak harus olehaga berat, anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan di pagi hari, sepeda santai, angkat besi kecil, dan sebagainya. Dengan olahraga rutin akan membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan membuat anda semakin bersemangat.

  1. Konsumsi tomat

Anda juga perlu mengkonsumsi tomat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tomat memiliki kandungan senyawa likopen yang dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Anda bisa mengkonsumsi tomat secara langsung, dijadikan jus, sebagai campuran makanan, atau diolah dengan cara lainnya. Dengan mengkonsumsi tomat 50 gram setiap harinya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Anda juga bisa menemukan kandungan likopen pada jambu, pepaya, dan semangka.

  1. Buah delima

Buah delima bisa anda jadikan sebagai alternatif dalam menurunkan kolesterol. Kandungan antioksidan jenis polifenol sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus. Kandungan didalamnya mampu memperlambat dan bahkan menghalangi penumpukan kolesterol dalam arteri. Konsumsilah delima tanpa campuran gula, yaitu dalam keadaan murni.

  1. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh dan pitosterol dalam alpukat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa menjadikan alpukat sebagai makanan sehrai-hari anda agar tubuh menjadi lebih sehat. Buah ini juga merupakan sumber dari potasium yang baik, vitamin C, K, B6, float, dan serat makanan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di jus atau dengan cara lainnya sesuai selera.

  1. Kacang almond

Kacang almond memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan kolesterol jahat. Almond juga memiliki kandungan vitamin E dan kalsium yang dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 10%. Namun untuk menurunkan kolesterol sebanyak 10% anda diwajibkan untuk makan sekitar 73 gram almond setiap harinya.

  1. Jus jeruk

Anda juga bisa memanfaatkan jeruk untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh anda. Kandungan vitamin C, float, potasium dan juga kandungan lainnya dalam jeruk mampu menghadang penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Minumlah dua gelas jeruk setiap paginya agar kolesterol bisa menurun dengan baik dan juga menyehatkan jantung anda.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat kaya akan kandungan antioksidan dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsilah sekitar dua sendok makan atau 23 gram olive oil setiap harinya dan campur dengan makanan sehat lainnya. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari akan dapat dengan mudah menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Hindari juga beberapa jenis makanan seperti dibawah ini:

  1. Gorengan, mentega.
  2. Kuning telur, telur puyuh, otak sapi, daging sapi berlemak, gajih sapi, dan kambing.
  3. Susu berlemak tinggi, sosis, dan keju.
  4. Udang, kepiting, siput, belut, kerang, dan cumi-cumi.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami dan Mudah Menurunkan Kolesterol yang Tinggi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan