Search
Sabtu 19 Agustus 2017
  • :
  • :

Temuan Naufal akan Diteruskan Pemerintah

Starberita – Medan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan usai menemu ‘si bocah’ dari desa Langsa, Aceh, yang menemukan energi listrik dan pohon kedondong, Naufal Raziq.

Dari hasil penemuan anak yang tengah mengenyam pendidikan kelas 3 di MTS 1 Negeri Langsa itu, satu pohon kedondong mampu memberikan penerangan untuk satu rumah dengan dua buah lampu. Hasilnya, desa Naufal Raziq, Tampur Paloh sudah menggunakan hasil temuannya ini.

Menteri ESDM Ignasius Jonan melalui Staf Khususnya Hadi Djuraid mengatakan, hasil temuan Naufal Raziq ini harus dikembangkan lebih lanjut. Supaya hasil energi listrik bisa lebih stabil dan andal.

Untuk pengembangan lebih jauh tersebut, kata Hadi, Menteri Jonan memerintahkan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) mengalokasikan anggaran untuk pengembangan ilmu Naufal Raziq.

“Jadi tadi Pak Jonan mengarahkan agar temuan ini bisa digunakan untuk skala yang lebih besar sehingga diperlukan tahapan penelitian lebih lanjut. Nah ini Naufal sedang tahap itu,” ujarnya, di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Selain itu, lanjut Hadi, Menteri Jonan juga mengharapkan Naufal Raziq bisa memfokuskan hasil temuannya supaya bisa digunakan lebih luas kepada banyak orang.

“Dipesankan (Menteri ESDM) bahwa penemuan itu paling penting manfaatnya untuk orang banyak. Itu ditekankan jangan sampai untuk diri sendiri,” pungkasnya. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan