Search
Selasa 30 Mei 2017
  • :
  • :

PT Pertani Kesulitan Pasarkan Bibit Bawang Putih

Starberita – Medan, Pasokan bawang putih impor ke pasar nasional memicu rendahnya minat petani untuk menanam tanaman bawang putih.

Akibatnya, PT Pertani yang mendapat tugas dari Kementan untuk memproduksi bisnis bawang putih masih kesulitan memasarkan bibit tersebut. Kementan telah menerapkan aturan wajib tanam 5 persen bagi para importir.

Direktur Utama Pertani, Wahyu, menuturkan, tidak seperti beras maupun jagung, selama ini memang pihaknya belum berpengalaman dalam menjual benih bawang putih.

Hal ini lantaran berdasarkan pengalaman, ketika petani, dan penangkar memproduksi benih bawang putih tidak ada yang membelinya.

“Yang lalu saya sudah pelajari bahwa ketika petani, penangkar, ketika memproduksi benih bawang putih maka tidak ada pembelinya,” jelasnya, Jumat (19/5/2017).

Sebabnya, kata Wahyu, akibat sedikit sekali petani yang beniat menanam bawang putih karena tergerus oleh bawang putih impor.

“Impor faktanya lebih murah, kalau itu (impor) diteruskan ditakutkan bawang putih lokal hanya tinggal nama,” tuturnya.

Untuk itu, Pertani, ingin ada stimulus bagi para petani untuk kembali menanam lagi. Selain itu, stimulus lainnya adalah pemerintah melalui regulasi dari kementan dan kemendag, mengharuskan importir untuk menanam bawang putih.

“Pertanaman bawang putih yg dilakukan oleh siapapun, harusnya didukung oleh benih unggul yang bagus. Kami punya kewajiban itu,” terangnya.

Wahyu mengaku, pihaknya akan membina petani bersama-sama dengan Kementan untuk bisa menghasilkan benih yang bagus. (sbc-03/inc)




Tinggalkan Balasan