Search
Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Melalui Semangat Kebangkitan Nasional, Mari Jaga Keutuhan NKRI

Starberita – Tebing Tinggi, Dampak globalisasi bagi bangsa Indonesia bisa berpengaruh besar bila tidak dibentengi dengan baik. Bahkan bisa berpengaruh terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena terkait ideologi lain yang menjanjikan kemakmuran, untuk itu diperlukan semangat kebangkitan nasional kepada generasi muda Indonesia.

“Kita harus tegas, apalagi untuk kepentingan generasi muda bangsa Indonesia, sebab dampak globalisasi itu ada nilai positif dan ada negatifnya. Dan semangat Hari Kebangkitan Nasional harus tetap berkibar dalam setiap jiwa anak bangsa, untuk menjaga keutuhan NKRI dan Nasionalisme,” kata Pj Walikota Tebingtinggi OK Zulkarnain, kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskan Zulkarnain, Boedi Utomo yang didirikan oleh Wahidin Soedirohusodo sebagai alat pemersatu bangsa untuk melepaskan bangsa ini dari genggaman bangsa penjajah saat itu. Gerakan ini yang awalnya bersifat kesukuan dan kedaerahan akhirnya menyatukan sikap, karena menyadari bahwa persatuan dan kesatuan adalah merupakan sebuah kekuatan yang amat dahsyat.

“Ditengah situasi bangsa kita saat ini yang sedang mengalami degradasi nasionalisme, sangat relevan kalau momen Hari Kebangkitan Nasionalisme kita jadikan untuk melakukan introspeksi diri,” tuturnya.

Menurut Pj Walikota, situasi globalisasi saat ini juga mempengaruhi kedaulatan suatu bangsa, kemajuan teknologi dan informasi yang seakan tanpa batas membuat kita juga harus bersiap diri jika tidak ingin tergilas oleh keadaan.

“Dampak yang ditimbulkan dari globalisasi itu salah satunya, terjadinya hasut mengasut yang dilakukan para provokator yang ingin memecah belah persatuan bangsa. Untuk itu Bangsa ini harus tetap menggelorakan semangat kebangkitan nasional dengan memegang teguh pilar kebangsaan yakni UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” ucapnya.

Sementara, Danramil 13 Kapten Inf PM Simanjuntak mengatakan, pengaruh globalisasi terhadap NKRI sangat besar.

“Kita perlu meningkatkan kualitas SDM, buat aturan yang mampu menangkal masuknya pengaruh negatif, mencegah masuknya barang ilegal, memperketat masuknya orang asing, mendorong tumbuhnya dunia usaha dan berusaha menarik investor asing,” tandasnya. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan