Search
Sabtu 24 Juni 2017
  • :
  • :

Dirk Kuyt Putuskan Pensiun

 

Starberita – Rotterdam, Dirk Kuyt menutup kariernya sebagai pemain dengan sempurna. Usai mengantarkan Feyenoord Rotterdam meraih gelar juara Eredivisie Belanda 2016-17 ia memutuskan untuk pensiun.

Di laga pamungkas kontra Heracles, Minggu (14/5/2017) kemarin. Kuyt menjadi pahlawan kemenangan 3-1 Feyenoord. Ia memborong tiga gol kemenangan timnya. Feyenoord keluar sebagai kampiun setelah absen angkat trofi liga sejak 18 tahun lalu. Gelar tersebut jadi yang ke-15 sepanjang sejarah klub.

Bagi Kuyt, ini adalah trofi keduanya bersama klub asal kota pelabuhan tersebut. Musim lalu, ia mempersembahkan Piala Belanda.

Belum selesai euforia juara di kota Rotterdam, Kuyt memutuskan untuk gantung sepatu di usia 36 tahun. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh klub melalui akun Twitter resmi.

“Dirk Kuyt mengumumkan pensiun dari sepak bola. Ia akan tetap berada di Feyenoord dengan peran barunya di luar lapangan,” demikian kicauan Twitter @Feyenoord.

Kuyt memulai karier profesionalnya bersama klub Belanda, Utrecht, pada 1998. Ia kemudian bergabung dengan Feyenoord pada 2003. Selama tiga musim, ia tampil impresif dengan total 71 gol dari 101 penampilan.

Ia kemudian mencoba peruntungan bermain di Liga Premier Inggris bersama Liverpool. Enam musim berseragam The Reds, pemain kebangsaan Belanda itu hanya meraih satu gelar juara, Piala Liga Inggris musim 2011-12.

Sebelum kembali ke Feyenoord pada 2015, ia sempat berlabuh di Liga Turki bermain untuk Fenerbahce selama tiga musim. Di kesempatan keduanya bersama Feyenoord, Kuyt masih cukup tajam, ia bsa mencetak 31 gol dari 62 laga yang ia mainkan.

Sedangkan karier bersama timnas Belanda ia mulai pada 2004 dan memutuskan pensiun usai Piala Dunia 2014. Total ia mencetak 24 gol dari 104 caps internasional. (sbc-02/inc)

 




Tinggalkan Balasan