Search
Senin 29 Mei 2017
  • :
  • :

Berbuka & Sahur, Jangan Lakukan Ini

Starberita – Jakarta, Bulan Ramadhan akan tiba. Umat Muslim akan menjalankan puasa Ramadhan sebulan penuh. Namun harus diperhatikan, ada beberapa ketentuan yang dapat Anda lakukan ketika berbuka puasa.

Setelah sekitar 14 jam berpuasa, tidak makan dan minum, tubuh benar – benar menyesuaikan diri termasuk dalam proses pencernaan dan pengolahan makanan.

Menurut DR (c) Rita Ramayulis DCN MKes, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar tidak dilakukan saat berbuka puasa. Salah satunya adalah berbuka puasa dan sahur dengan konsumsi minuman yang terlalu manis dan jenis gula hanya sukrosa.

“Hal itu akan mempercepat kadar glukosa dalam darah cepat naik dengan sesaat dan kemudian drop. Ini sangat berbahaya untuk tubuh,” papar Rita Ramayulis di Jakarta.

Poin berikutnya yang perlu diperhatikan adalah jangan berbuka puasa dengan makanan yang digoreng dan banyak menggunakan tepung terigu. Hal ini tidak akan mengganti asupan makanan yang bergizi dan nutrisi yang hilang saat berpuasa.

“Yang tidak kalah penting adalah jangan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak saat sahur. Ini akan membuat tumbuh Anda sulit untuk bekerja karena terlalu lelah mengolah lemak. Ketika tubuh sudah lelah mengolah makanan yang mengandung banyak lemak, Anda akan cepat merasa lapar pada siang hari,” tambahnya.

Poin penting berikutnya adalah jangan berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang merangsang asam lambung. Seperti makanan yang memiliki rasa pedas, terlalu asam, terlalu manis, dan yang banyak mengandung kafein.

“Poin terakhir adalah jangan konsumsi makanan saat berbuka dan sahur dengan makanan yang mengandung gas. Seperti nangka, kol, duren, dan minuman berkarbonasi,” ujarnya. (sbc-02/inc)

 




Tinggalkan Balasan