Search
Sabtu 19 Agustus 2017
  • :
  • :

Antisipasi Tahanan Kabur, Polisi Patroli Disekitar Rutan

Starberita – Medan, Polda Maluku Utara mengintensifkan patroli di sekitar area rumah tahanan di daerah Ternate untuk mengantisipasi kaburnya narapidana (napi).

“Kami akan mengantisipasi kaburnya napi dari rutan dengan menyiagakan personel di kawasan itu, sehingga masalah yang terjadi di daerah lain tidak merambah di sini,” kata Kapolda Malut, Brigjen Tugas Dwi Aprianto, Jumat (19/5/2017).

Menurut dia, patroli akan dilakukan secara berkala serta berkoordinasi dengan petugas rutan mengenai pengawasan terhadap barang-barang yang masuk rutan terhadap pengunjung rutan.

“Kami mengarahkan patroli dengan kekuatan cukup untuk mengecek keamanan rutan dan lapas. Barang-barang yang masuk harus diselektif dan para Kapolres diwajibkan setiap hari menyampaikan lporan soal kondisi tahanan,” ujarnya.

Hal ini dilakukan Polda Maluku Utara berkaca dengan sejumlah kasus napi yang melarikan diri di beberapa rutan dan lapas. Dirinya mengakui permasalahan yang ada saat ini adalah minimnya petugas rutan atau lapas yang tak sebanding dengan penghuni rutan atau lapas.

Namun itu bukan berarti pengawasan semakin menurun. “Bukan menjadi alasan untuk meningkatkan kewaspadaan karena pimpinan rutan telah dimintakan menambah CCTV guna mendeteksi aktivitas napi,” tandasnya. (sbc-03/inc)




Tinggalkan Balasan