Search
Selasa 30 Mei 2017
  • :
  • :

Tak Pernah Melahirkan, Wanita Rentan Alami Gagal Jantung

Starberita – Jakarta, Berdasarkan penelitian terbaru, wanita yang tidak pernah melahirkan berisiko 70 persen lebih tinggi alami gagal jantung pada usia lanjut.

Para wanita ini juga berisiko 175 persen lebih tinggi alami gagal jantung dengan preserved ejection fraction, akibat bagian kiri jantung tidak bisa relaksasi.

Mereka yang juga berpotensi terserang gagal jantung adalah wanita yang alami menopause dini. Penyebabnya, hormon seks yang berkaitan dengan kehamilan dan menstruasi berfungsi melindungi jantung seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Para peneliti menyimpulkan kadar hormon estrogen yang meningkat ketika hamil memiliki manfaat lain salah satunya untuk melindungi jantung.

Penelitian ini dilakukan selama 13 tahun terhadap 28.519 wanita yang telah menopause dengan rata-rata usia 62 tahun. Para responden ini memiliki risiko 1 persen lebih tinggi alami gagal jantung setiap tahunnya setelah mengalami menopause.

Menopause sendiri umumnya dialami pada usia 51 tahun namun bisa dialami para wanita di bawah usia tersebut (menopause dini). (sbc-02/auc)

 




Tinggalkan Balasan