Search
Sabtu 22 Juli 2017
  • :
  • :

Mau Cepat Tidur Lelap, Coba 5 Langkah Ini

Starberita – Jakarta, Tidak mudah tidur lelap? Mungkin kini saatnya mengubah gaya hidup Anda. Akar masalah seseorang sulit sekali terlelap ialah rasa gelisah. Lima hal di bawah ini akan membantu menghilangkan rasa gelisah dan membuat Anda lebih mudah terbang ke alam mimpi.

– Hindari makanan berat menjelang tidur

Makan malam lebih awal ternyata dapat membantu mengurangi berat badan dan cepat terlelap. Berikan tubuh Anda waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi saat makan malam. Tidur dengan perut penuh hanya akan menambah berat badan dan sulit terlelap.

Hindari menonton TV dan main ponsel

Matikan televisi dan ponsel Anda maksimal satu atau dua jam sebelum tidur. Cahaya biru dari dua benda tersebut terbukti mengganggu produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin merupakan hormon yang diproduksi kelenjar di dalam otak, kelenjar pineal. Melatonin berfungsi mengendalikan siklus bangun dan tidur seseorang. Produksi melatonin dalam tubuh dipengaruhi faktor cahaya. Karena itu, sangat disarankan mematikan TV dan ponsel menjelang tidur.

– Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur membantu tubuh relaks. Ketika tubuh merasa relaks, tidur pun jadi lebih mudah dan berkualitas. Waktu yang optimal untuk mandi air hangat sebelum tidur adalah 90 menit sebelum tidur. Dengan demikian, suhu tubuh akan turun secara perlahan. Saat itu, tubuh secara otomatis akan mengirim sinyal ke otak bahwa sudah waktunya Anda mengantuk.

– Hindari minum kopi di atas pukul 4 sore

Kandungan kafein di dalam kopi dapat mengganggu pola tidur. Jauhkan diri Anda dari beberapa minuman yang terbukti mengandung kafein tinggi, seperti the dan kopi, serta minuman beralkohol di atas pukul 4 sore. Dengan begitu, Anda akan mudah mengantuk sesaat setelah naik ke atas kasur.

– Lakukan peregangan

Peregangan yang Anda lakukan sesaat sebelum tidur terbukti mampu membuat Anda lebih cepat tidur lelap. Yoga dan peregangan lain mampu mengencangkan otot-otot tubuh selama beberapa saat dan kembali mengendurkannya. Peregangan juga membantu menghilangkan rasa pegal pada tubuh setelah seharian beraktivitas. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan