Search
Jumat 28 Juli 2017
  • :
  • :

Konsumsi Durian, Ini Efek yang Mematikan Bagi Penderita Asam Urat

Starberita – Jakarta, Asam urat adalah suatu penyakit yang menyerang bagian persendian pada tubuh. Kondisi ini terjadi akibat tingginya kadar asam urat yang ada dalam tubuh.

Dimana asam urat ini terbentuk dari sisa metabolisme zat purin yang bersumber dari makanan. Ketika asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi dan tidak bisa dicerna serta dikeluarkan oleh ginjal maka akan menumpuk dan membentuk kristal dipersedian. kondisi inilah yang akan menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan pada penderita asam urat.

Bukan hanya rasa nyeri saja yang di alami penderita asam urat. Tetapi, jika tidak segera dilakukan pengobatan maka kondisi peradangan akan semakin parah. Bahkan penderita bisa mengalami kelumpuhan atau cacat permanen akibat asam urat. Selain itu, penumpukan kadar asam yang terjadi dalam tubuh bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan mengancam kematian.

Karena itulah, sangat di sarankan bagi penderita asam urat untuk megatur pola makan dan menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Salah satu makanan yang mempunyai zat purin sangat tinggi adalah durian. Lantas apakah durian berbahaya bagi penderita asam urat?

King of fruit atau raja buah merupakan sebutan yang sangat populer untuk buah durian. Durian merupakan salah satu jenis buah yang kontroversial, dibalik banyaknya orang yang menyukainya. Ada pula orang yang malah muak dengan aromanya. Lantas kenapa durian ini mempunyai julukan sebagai raja buah?

Itu karena, buah durian ini mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap seperti vitamin B, kalium, seng, thiamin,magnesium, fosfor, vitamin C, zat besi, riblofavin, omega 3 dan 6. Namun, dibalik lengkapnya kandungan yang ada dalam buah durian. Ternyata jika dikonsumsi terlalu banyak buah ini tidak baik untuk kesehatan terutama bagi penderita asam urat ini bisa mengancam kematian.

Durian, sebagai salah satu jenis buah yang harus dihindari penderita asam urat. Pantangan makan yang satu ini harus benar-benar dihindari oleh penderita asam urat. Karena, jika konsumsi durian secara berlebihan, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat. Sehingga penyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Dimana kondisi yang satu ini bisa menyebabkan organ ginjal tidak dapat berfungsi.

Jika ginjal sudah tidak berfungsi ditakutkan kadar asam urat dalam tubuh akan semakin menumpuk dan memperburuk kondisi kesehatan. Selain itu, naiknya kadar kolesterol akibat konsumsi durian juga bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke yang mematikan. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan