Search
Selasa 30 Mei 2017
  • :
  • :

Kecamatan Pulau Rakyat, Asahan Dilanda Longsor

Starberita – Asahan, Cuaca extrim yang terjadi memasuki pertengahan Mei di Kabupaten Asahan bukan saja menimbulkan bencana alam seperti banjir, tetapi bencana tanah longsor  dapat mengancam kehidupan serta kehilangan harta benda.

Selang beberapa hari dari kejadian bencana banjir yang terjadi dan merendam 2.805 pemukiman warga berada di 37 desa tersebar di 12 kecamatan sehingga menimbulkan kerugian materi sekitar Rp2,8 milyar, kali ini bencana tanah longsor menimpa perumahan warga dusun IV Desa Mekar Sari Kecamatan Pulau Rakyat.

Rumah yang dihuni Nurbaiti (43) porak-poranda setelah tertimpa runtuhan tanah milik perkebunan PTP Lonsum yang berada dibelakang rumahnya, kemarin.

Informasi yang diperoleh, menyebutkan gundukan tanah seperti bukit tersebut berbatasan dengan rumah milik Nurbaiti longsor.

“Jadi saat tanah ini longsor, saya dan anak saya Dewi Astuti (23) sedang tertidur dikamar dan tiba-tiba terdengar suara benturan keras yang menghantam dinding bagian dapur dibelakang rumah hingga tembus sampai kamar tidur. Longsoran tanah dan batu menimpa anak saya yang mengakibatkan anak saya terluka dan mengalami luka goresan di sebelah kiri, serta kepala Dewi mengalami luka memar akibat benturan tanah dan batu yang lonsor tersebut,” ujar Nurbaiti.

Pantauan dilokasi kejadian, terlihat bagian dapur dan kamar korban hancur lebur dan rata dengan tumpukan tanah dan batu dari gundukan tanah yang berada sekitar 5 meter dari rumah korban.

“Longsor yang terjadi diakibatkan intensitas curah hujan yang turun meningkat, sehingga areal rumah Nurbaiti yang posisinya curam dan lebih tinggi tergerus air dan menimbun dapur rumahnya,” kata Alinuddin Siregar.

Sementara, Pemerintah Kecamatan setempat langsung memberikan perawatan medis kepada korban tanah longsor dengan dengan diantar petugas kecamatan ke Puskesmas terdekat. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan