Search
Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Bupati Karo Minta Irigasi didaerah Harus Dinormalisasi

Starberita – Kabanjahe, Sistem irigasi sangat penting dalam rangka mendukung pola tanam pertanian yang akhirnya dapat mendukung produksi pertanian.

“Persoalan irigasi secara umum di Kabupaten Karo mendesak untuk dinormalisasi, karena perannya yang sangat penting dalam mendukung ketahanan pangan, irigasi harus dirawat, dinormalisasi,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi kepada Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Paten Purba, Kadis Pertanian dan Perkebunan Sarjana Purba, Kadis Ketahanan Pangan (Ketapang) Edison Karo-Karo dan Camat Barus Jahe Kalsium Sitepu saat meninjau lokasi irigasi desa Bulan Julu Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo, Rabu (17/5/2017).

Dijelaskan Bupati, saluran irigasi yang kurang baik dalam perawatannya akan terjadi pendangkalan. Maka dari itu, penting dilakukan normalisasi. Dengan adanya normalisasi saluran, maka air bisa masuk ke persawahan dan sawah bisa diolah serta ditanami.

Menurut Bupati, jaringan irigasi tingkat usaha tani harus dirawat dengan baik, kalau perlu normalisasi lakukan normalisasi paling tidak dua kali satu tahun untuk mengurai atau menghilangkan pendangkalan. Jaringan irigasi yang terawat akan mendukung program ketahanan pangan kita, tegas Terkelin Brahmana.

Sementara, menurut tokoh masyarakat Bulan Julu Sampang Malem Ginting, irigasi desa mereka sudah lama tidak pernah dinormalisasi. Maka wajar tidak dapat berfungsi dengan baik.

“Tidak dirawat dan tidak dinormalisasi, ya wajarlah air tidak bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, Kadis PUPR Kabupaten Karo, Paten Purba didampingi Kadis Pertanian dan Perkebunan Sarjana Purba, Kadis Ketahanan Pangan (Ketapang) Edison Karo-Karo, mengatakan irigasi sepanjang 1 Km itu harus dinormalisasi agar fungsi rigasi kembali normal seperti sebelumnya.

Untuk itu, pihaknya pada hari ini juga menurunkan anggotanya bidang irigasi untuk melakukan pembersihan dan normalisasi agar airnya dapat berjalan dengan baik. “Kami yakin, air mengalir kembali seperti biasa setelah normalisasi dilakukan,” ujar Paten.

Sementara, Kades Bulan Julu Benny Ginting berterimakasih kepada Bupati Karo yang tanggap akan keluhan warganya. Dengan adanya normalisasi ini, irigasi akan kembali berfungsi dengan baik, otomatis sekitar 50 hektar areal persawahan di desa ini akan kembali bisa difungsikan dengan baik.

“Nantinya, akan kami diskusikan seperti diminta bupati tadi, pembersihan atau normalisasi akan dibuat secara berkala setiap tahun, anggarannya apakah dari ADD atau APBD Karo, nanti akan kami musyawarahkan dulu,” tuturnya. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan