Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Benarkah Rutin Konsumsi Susu Sembuhkan Asam Urat?

Starberita – Jakarta, Asam urat merupakan suatu senyawa yang dihasilkan dari sisa metabolisme zat purin. Pada umumnya tingginya zat purin dalam tubuh menjadi pemicu tingginya kadar asam urat yang menumpuk dan merusak persendian. Dimana zat purin ini bersumber dari makanan yang dikonsumsi.

Bukan hanya rasa nyeri di sekitar sendi dan ketidaknyamanan saja yang bisa di alami oleh penderita asam urat. Tetapi, penderita asam urat juga beresiko mengalami komplikasi penyakit yang lebih kronis seperti batu ginjal, kelumpuhan atau cacat, bahkan gagal ginjal yang cukup mematikan.

Resiko terjadinya komplikasi tersebut akan semakin besar jika penderita asam urat tidak mampu membatasi asupan purin ke dalam tubuh. Untuk itulah, mengatur pola makan merupakan hal penting. Salah satu jenis makanan yang rendah purin dan aman untuk penderita asam urat adalah susu. 

Mengonsumsi susu skim atau susu tanpa lemak memang mempunyai banyak manfaat, untuk kesehatan. Bahkan menurut hasil riset terbaru menyarankan agar orang yang mengalami masalah dengan sakit asam urat untuk mengonsumsi susu skim secara teratur. Hal ini karerena, konsumsi susu bisa membantu mengurangi gejala akibat asam urat.

Di dalam susu terdapat kandungan senyawa, ekstrak lemak susu (G600) dan glycomacropeptide (GMP). Dimana kedua kandungan tersebut bisa menjadi solusi  untuk mengurangi gejala seperti nyeri yang biasa timbul dipersendian. Bahkan, hasil dari beberapa riset menunjukan bahwa orang yang  jarang mengonsumsi produk susu mmepunyai risiko lebih tinggi mengalami asam urat di kemudian hari.

Selain itu, anda harus bisa menggaris bawahi. Bahwa mengkonsumsi susu rendah lemak dengan susu skim yang kaya akan kandungan (GMP dan G600) tidak akan memicu kenaikan berat badan, atau komplikasi serius akibat asam urat yang cukup mematikan. Sehingga gejala asam urat akan sembuh dan anda terhindar dari ancaman komplikasi penyakit yang kronis.

Mengkonsumsi susu memang aman bagi penderita asam urat. Namun, tetap saja konsumsi susu hanya dapat mengatasi gejala, tanpa menurunkan kadar asam urat. Sehingga dengan konsumsi susu kadar asam urat dalam tubuh akan tetap naik dan tentu saja anda tidak dapat mempeoleh kesembuhan secara total.

Tetapi bagi anda yang saat ini mempunyai masalah dengan asam urat sebaiknya tidak perlu khawatir. Meskipun konsumsi susu untuk mengatasi asam urat dinilai kurang efektif, tetapi anda masih bisa mendapatkan kesembuhan secara TOTAL, CEPAT dan ALAMI. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan