Search
Jumat 28 Juli 2017
  • :
  • :

Atasi Maag Tanpa Minum Obat

Starberita – Jakarta, Penderita  maag kerap mengandalkan obat agar tidak kambuh. Tahukah Anda, dalam jangka panjang dampaknya bisa menyebabkan lambung infeksi.

Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi, dr Hardianto Setiawan SpPD, mengatakan minum obat maag bukanlah cara utama untuk mencegah gejala maag. Justru jika diminum terus-menerus bisa menyebabkan infeksi.

“Obat maag boleh diminum asal jangkanya enggak terlalu panjang. Dalam jangka panjang asam lambung berkurang, tapi fungsinya tidak bisa melawan bakteri dalam lambung,” ujar dr Hardian.

Ada pengganti obat maag lebih aman yang tak menimbulkan dampak buruk. Apalagi jika Anda terlalu stres yang membuat maag lebih gampang kambuh.

Obat maag alami, menurut dr Hardian, cukup menjaga pola makan yang tepat. Hindari makanan bergas yang memicu asam lambung naik. “Kalau kita makan karbohidrat banyak terbentuk gas CO. Ini dapat mengganggu pencernaan, asam lambung naik misalnya,” kata dr Hardian.

Apalagi di saat puasa nanti, penderita maag kerap mengandalkan obat untuk menghindari kambuhnya gejala. Ini sangat tidak dianjurkan karena merugikan lambung. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan