Search
Sabtu 22 Juli 2017
  • :
  • :

Ribuan Perangkat Desa Kabupaten Palas Dikukuhkan

Starberita – Sibuhuan, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas mengukuhkan secara serentak perangkat desa hasil seleksi untuk diserahkan kepada pihak Pemerintah Desa se-Kabupaten Palas, kemarin.

Kegiatan ini juga ditandai dengan penantanganan Integritas dan pengambilan sumpah oleh masing- masing Kepala Desa. Pengukuhan itu juga disaksikan elemen masyarakat dan pejabat pemerintahaan Kabupaten Palas.

Hadir pada kegiatan itu Bupati Palas diwakili Plt Sekdakab Syamsul Anwar Lubis didampingi Kadispenda serta Camat Lubuk Barumun Ridwan saleh Daulay dan Camat Barumun As,ad Tufeil Nasution serta sejumlah pimpinan SKPD sejajaran pemerintahaan .

Perangkat Desa yang dikukuhkan sebanyak 560 orang dari asal Kecamatan Barumun Selatan, Barumun, Lubuk Barumun serta Ulu Barumun. Sedangkan untuk secara keselruhan perangkat desa yang dikukuhkan secara massal berjumlah 2170 orang yang melingkupi 303 desa se Kabupaten Palas dari 12 Kecamatan.

Camat Lubuk Barumun Ridwan saleh Daulay mengatakan, bagi perangkat desa yang baru dikukuhkan dapat menjadi pelayan masyarakat dengan baik dan menjadi mitra kerja dengan intansi pemerintah kabupaten Palas.

“Parangkat desa harus dapat membangun sinergitas yang baik, dalam mewjudkan pelayanan prima kepada masyarakat, sehingga terbangunnya kemnadirian desa yang lebih sejehtera dan kondusif ,” tuturnya.

Dia juga mengharapakan, agar para perangkat desa yang baru saja dilantik dapat membantu tugas – tugas kepala desa dalam mengelola dana desa sesuai aturan dan ketetuan yang berlaku, sehingga tidak menimbulkan keresahaan ditengah masyarakat.

“Harapan kita, perangkat desa lebih berperan aktif dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam bidang pelayanan kemasyarakat yang menjadi ujung tombak pemerintahaan kabupaten,” pintanya.

Tidak hanya itu, Camat juga berpesan agar perangkat desa dapat menyesuaikan diri dengan tugas yang diemban dengan penuh rasa tanggungjawab, sehingga memberikan kontribusi yang mendorong kemjauan dan peningktan kesehateraan masyarakat ditikngkat pedesaan.

Sementara, dalam sambutannya, Bupati Palas Ali Sutan Harahap yang disampikan Plt Sekda Palas, Syamsul Anwar Lubis mengatakan, sesuai struktur pemerinthaan desa, dalam rangka pengutan roda pemerintahaan yang lebih baik lagi, perlu dibarengi dengan pengetahuan dan kemampuan para perangkat desa untuk menjalankan roda pemerintahan desa yang lebih baik . Sehingga integritas dan loyalitas terhadap pimpinan bisa diterapkan.

“Pengkukuhan ini baru pertama kali dilaksankan diwilayah Tabagsel ini oleh Pemkab Palas. Karena itu, atasnama pemerintah, saya mengingatakan para perangkat desa agar menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Karena perekrutan saudara dilakukan melalui selksi yang ketat, sehingga perlu dihayati dan dipahami tugas yang diberikan,” pungkasnya. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan