Search
Sabtu 22 Juli 2017
  • :
  • :

PWI Palas Laksanakan Safari Jurnalistik ke Sekolah

Starberita – Sibuhuan, Tugas dan fungsi seorang wartawan memiliki peran penting dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) ditengah masyarakat, sehingga memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi publik untuk mendapatkan informasi yang benar dan aktual sesuai dengan perkembangan era globalisasi saat ini.

“Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksankan kegiatan tugas jurnbalistik , baik dan benar . Sedang yang dimaksud dengan Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksankan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh serta memiliki dan mengolah informasi dalam bentuk tulisan,” kata Ketua PWI Perwakilan Palas Idham Butar-Butar pada ajang Safari Jurnalitik Bagi Kalangan Pelajar SLTA sederajat Senin (15/5/2017).

Idham menjelaskan, tugas seorang jurnalis hanya menulis, akan tetapi didalam melaksanakan tugas jurnalis selalu menghormati norma – norma dan kode etik jurnalis. Apabila didalam menjalankan tugas propesinya, bagi siapa saja yang melawan hukum atau dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan dan ketentuan sesuai pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dapat dipidana, dengan pidana penjara paling lama dua tahun atau didenda paling banyak Rp500  Juta.

Tidak hanya itu, lanjut Idaham, wartawan juga berperan menyampaikan informasi faktual kepada publik tentang hal-hal yang berkembang didaerah untuk dapat diketahui publik secara umum.

“Pengenalan jurnalistik dikalangan pelajar sebagai wahana pendidikan yang memberikan wawasan luas untuk lebih termotivasi dalam mendukung kegiatan proses belajar mengajar dilingkungan sekolah, sehingga pelajar memiliki pengetahuan tentang jurnalistik yang dapat dikembangkan sebagai pengabdian bagi masyarakat dan lingkungan sekolah,” tegasnya.

Idham juga menuturkan, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan serupa pada Senin (23/5/2017) di SMK Negeri 1 Lubuk Barumun. Hal ini dilakukan sebagai tindaklanjut program PWI Perwakilan Palas untuk membudayakan pengenalan ilmu jurnalistik dikalangan pelajar.

“Sehingga pelajar ditingkat SMA dapat memahami tentang kegiatan seputar jurnalistik yang bermanfaat bagi kelangsungan kemajuan pembangunan SDM dan daerah,” tuturnya.

Lebih jauh Idham menyatakan, kegiatan safari jurnalistik ini mendapat antusias dari pihak sekolah dan para siswa. Karena memberikan ilmu pengetahuan tentang  metode jurnalistik, sekaligus memotivasi siswa agar lebih giat membaca dan menimba ilmu pengetahuan dalam membentuk karakter dan kualitas displinan diri untuk bekal masa depan.

“Perlu diketahui kepada para pelajar yang hadir pada kegiatan kali ini, bahwa keberadaan jurnalistik sebagai salah satu pilar pembangunan, sangat berperan mendongkrak kemajuan perkembangan daerah,” pungkasnya. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan