Search
Jumat 28 Juli 2017
  • :
  • :

Bawang Putih Asal China Tiba di Indonesia

Starberita – Medan, Di tengah melambungnya harga bawang putih, pemerintah kedatangan dua kontainer bawang putih impor dari China. Di mana harga bawang putih tersebut akan dijual ke konsumen maksimal dengan harga Rp30.000 per Kg.

Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Sriwijayanti Yusuf mengatakan, nantinya pengiriman bawang putih impor ini akan terus berlangsung. Dirinya menyebutkan akan ada sekira 7.600 ton bawang putih yang dipasok untuk memenuhi stok pada Mei dan Juni.

“Oh terus dong karena kan komitmen teman-teman importir yang sudah terdaftar di Kemendag ada 7.600-an ton untuk distribusi selama Mei-Juni untuk puasa dan Lebaran,” ujarnya, Rabu (17/5/2017).

Menurut Sri, nantinya akan ada sekira 2 kontainer bawang putih yang masuk setiap harinya di Pasar Induk Kramat Jati. Nantinya, bawang putih itu akan didistribusikan ke pedagang dan pasar-pasar lainnya yang ada di wilayah Jakarta.

“Nanti pakai truk kecil akan didistribusikan ke dalam, mba coba ikutin aja deh. Jadi ini masuknya di Kramat Jati lalu dimasukin ke pedagang ke dalam lalu didistribusikan ke Pasar Grogol dan pasar lainnya yang ada di Jakarta,” kata Sri.

Sebagai informasi, 90 persen bawang putih yang beredar di pasaran berasal dari impor. Di mana lebih dari 50 persen adalah impor dari China dan sisanya adalah dari India, Thailand, hingga Vietnam. Alasan pemerintah mengimpor hampir sebagian besar bawang putih dari China dikarenakan Negeri Tirai Bambu merupakan produsen bawang putih terbesar di dunia. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan