Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Waspada Saat Bersihkan Telinga dengan Kapas

Starberita – New York, Apakah Anda kerap membersihkan telinga dengan kapas? Hal ini perlu diwaspadai karena akan menyebabkan cedera di telinga Anda.

Mengutip dari zeenews, para peneliti memperingatkan bahwa menggunakan kapas untuk membersihkan telinga mungkin terlihat tidak tampak berbahaya. Namun, ternyata hal ini dapat menyebabkan cedera parah pada telinga Anda.

“Dua kesalahpahaman terbesar saya mendengar sebagai otolaryngologist bahwa kanal telinga yang perlu dibersihkan di rumah pengaturan, dan bahwa kapas ujung aplikator harus digunakan untuk membersihkan. Kata kedua dari mereka salah,” Kris Jatana Nasional Children’s Hospital di Columbus, Ohio, Amerika Serikat.

Studi yang dilakukan oleh anak-anak Nasional Hospital peneliti menemukan bahwa selama 21 tahun dari 1990 hingga 2010, diperkirakan 263.000 anak-anak lebih muda dari usia 18 tahun dirawat di departemen darurat rumah sakit untuk luka-luka yang berhubungan dengan aplikator telinga, itulah tentang 12.500 per tahun, atau sekitar 34 cedera setiap hari.

“Kanal telinga biasanya pembersihan diri. Menggunakan kapas ujung aplikator untuk membersihkan telinga kanal tidak hanya mendorong lilin lebih dekat ke gendang telinga, tapi ada risiko yang signifikan menyebabkan cedera ringan sampai parah telinga,” tambah Kris Jatana.

Temuan menyebutkan bahwa kebanyakan cedera terjadi akibat menggunakan kapas ujung aplikator untuk membersihkan telinga (73 persen), bermain dengan kapas ujung aplikator (10 persen), atau anak-anak yang jatuh ketika mereka memiliki kapas ujung aplikator dalam telinga mereka (sembilan persen).

Cedera yang paling umum adalah sensasi tubuh Asing, gendang telinga berlubang dan cedera jaringan lunak.
Data untuk studi ini diperoleh dari Nasional elektronik cedera Surveillance System (NEISS), yang dioperasikan oleh komisi keamanan produk konsumen.

Para peneliti mengatakan, dalam kasus yang lebih serius, kerusakan pada gendang telinga, tulang pendengaran, atau telinga bagian dalam, dapat menyebabkan pusing, masalah dengan keseimbangan, dan ireversibel pendengaran.

“Produk ini mungkin tampak tidak berbahaya, tapi studi ini menunjukkan betapa pentingnya adalah bahwa mereka tidak boleh digunakan untuk membersihkan telinga,” papar Jatana.(sbc-02/inc)




Tinggalkan Balasan